nusabali

Panglima TNI Andika Perkasa Tinjau Bandara Ngurah Rai

  • www.nusabali.com-panglima-tni-andika-perkasa-tinjau-bandara-ngurah-rai

MANGUPURA, NusaBali.com - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa meninjau keamanan pintu masuk Pulau Dewata, yakni Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Jumat (26/11/2021).

Peninjauan ini terkait kesiapan menyambut kedatangan delegasi KTT G20 ke Pulau Dewata tahun depan.  Dalam kunjungannya Panglima TNI Andika Perkasa didampingi oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II, Marsekal Madya TNI Imran Baidirus, Pangdam IX Udayana Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra , Komandan Pangkalan TNI AU I Gusti Ngurah Rai Kolonel Pnb Reza RR Sastranegara, beserta Direktur Operasional PT Angkasa Pura I dan General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

Panglima TNI mendapat penjelasan dari PT Angkasa Pura I terkait semua elemen yang beroperasi di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. “Tugas kami adalah penanggung jawab sektor keamanan untuk KTT G20, kami di sini meninjau tempat-tempat kegiatan peserta,” ujar Jenderal Andika Perkasa.

Setelahnya Panglima TNI akan mempersiapkan berbagai langkah yang diperlukan untuk segera mempersiapkan sisi keamanan kegiatan KTT G20. “Kami  akan merencanakan ploting personel-personel yang diperlukan melalui identifikasi, sehingga kita perlu tahu besaran petugas yang diperlukan, pasti akan kami konfirmasi juga jumlah negara maupun para petinggi yang akan datang," ungkap Jenderal Andika.

Terkait kesiapan bandara, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Herry AY Sikado menjelaskan, Panglima TNI melakukan pengecekan alur kedatangan terminal internasional baik dari delegasi KTT G20 maupun penumpang penerbangan internasional biasa. Pengecekan dimulai dari desk hospitality KTT G20, Mini Lab Bandara,  hingga proses keluar.

Herry mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah siap menerima tamu delegasi KTT G20 ataupun penumpang internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. “Tugas kami sebagai penyedia fasilitas, mulai dari hospitality desk serta paling utama protokol kesehatan yang tidak terlepas dari sinergi stakeholder terkait," ujarnya.

"Kami mengucapkan juga terima kasih kepada Panglima TNI dan jajarannya, telah merespon kegiatan internasional ini untuk memastikan keamanan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali yang menjadi salah satu tempat beraktivitas para peserta KTT G20, semoga dapat berjalan dengan baik,"pungkasnya. *adi

Komentar