nusabali

Kirim Uang RI-China Bisa Pakai Uang Lokal

  • www.nusabali.com-kirim-uang-ri-china-bisa-pakai-uang-lokal

JAKARTA, NusaBali
Punya anak yang sedang menyelesaikan pendidikan di China? Atau ada keluarga yang menetap di sana hingga sering melakukan transaksi keuangan?

Saat ini prosesnya bakal lebih mudah karena Indonesia dan China telah sepakat mengimplementasikan Local Currency Settlement (LCS).

Dengan kerja sama itu, transaksi kedua negara tidak lagi membutuhkan dolar Amerika Serikat (AS) untuk pembayaran. Jadi bisa menggunakan mata uang lokal yaitu Rupiah atau Yuan.

"Ketika bapak atau ibu sekalian memiliki putra atau putri yang sekolah di Tiongkok, sekarang bisa menggunakan atau melakukan pengiriman uang dengan menggunakan mata uang lokal. Tentunya harapannya dapat memperoleh rate yang lebih efisien," kata Analis Eksekutif Bank Indonesia (BI) Beijing, Firman Hidayat dalam acara Indonesia China LCS Implementation Progress & Best Practice secara virtual, seperti dilansir detikcom, Rabu (24/11).

Ini juga bisa berlaku untuk penerimaan atau pengiriman gaji kepada keluarga yang ada di Indonesia atau China. Biaya hedging disebut lebih murah.

"Berdasarkan data historis kalau menggunakan LCS maka nilai tukar CNY terhadap IDR relatif lebih murah terhadap nilai tukar antara rupiah dengan CNY," jelasnya. Dengan kerja sama ini, nasabah juga dapat membuka rekening mata uang lokal mitra di Indonesia. *

Komentar