nusabali

9.362 UMKM di Badung Telah Terima Dana Stimulus

  • www.nusabali.com-9362-umkm-di-badung-telah-terima-dana-stimulus

MANGUPURA, NusaBali
Penyaluran bantuan dana stimulus bagi pelaku UMKM untuk tahap 1 sudah selesai dilakukan. Total jumlah penerima bantuan tercatat sebanyak 9.362 UMKM.

Kadis Koperasi, UKM, dan Perdagangan I Made Widiana, Rabu (24/11), mengatakan penyaluran dana stimulus sudah tuntas untuk tahap 1. “Meski sebelumnya sempat ada dua desa yang tercecer, yakni di Desa Kutuh dan Munggu, namun penyaluran bantuan sudah tuntas untuk tahap 1,” katanya.

Untuk penyaluran dana stimulus tahap 2, pemerintah masih melakukan tahap cleansing data. Widiana membeberkan, untuk tahap 2 jumlah data yang masuk cukup banyak, yaitu sebanyak 5.019 UMKM. Tahap cleansing data ini dilakukan dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo).

“Nanti setelah proses cleansing data selesai, kita akan laporkan kepada pimpinan (Bupati Badung) untuk proses pencairan, termasuk masalah ketersediaan anggaran,” kata Widiana.

Dikatakan lebih lanjut, untuk pendataan tahap 2 ini membutuhkan waktu yang cukup lama, lantaran menunggu data dari pihak Polres dan Kodim yang juga memberi bantuan kepada warung-warung. “Data-data harus benar-benar valid, sehingga tidak terjadi tumpang tindih untuk menghindari adanya dobel penerima bantuan,” tandas Widiana.

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Badung memberikan bantuan dana stimulus bagi pelaku UMKM. Dana stimulus tersebut nilainya sebesar Rp 2 juta per UMKM, diberikan kepada yang belum menikmati bantuan dari pusat, seperti bantuan keluarga harapan, bantuan pangan non tunai, dan bantuan lainnya yang sudah digelontorkan oleh pemerintah pusat. *ind

Komentar