nusabali

Konjen Australia Cari Tahu Prosedur Kerja Basarnas Bali

  • www.nusabali.com-konjen-australia-cari-tahu-prosedur-kerja-basarnas-bali

MANGUPURA, NusaBali
Konsul Jenderal Australia di Bali, NTB, dan NTT, Anthea Griffin, mengunjungi kantor Basarnas Bali, Selasa (23/11).

Kunjungan tersebut untuk melihat langsung prosedur kerja dalam pencarian dan pertolongan di Basarnas Bali. Hal ini karena Bali menjadi salah satu tujuan para wisatawan asal Australia.

“Saya ingin mengetahui apabila ada kedaruratan bagaimana selanjutnya yang harus dilakukan,” kata Anthea Griffin di sela-sela kujungannya di kantor Basarnas Bali.

Anthea Griffin pun menyempatkan melihat prasarana yang dimiliki Basarnas Bali dalam mendukung proses operasi SAR. Dia mengapresiasi dengan sarana dan prasarana yang dimiliki Basarnas Bali.

Di ruang command center, Kepala Kantor Basarnas Bali Gede Darmada, menjelaskan prosedur kerja setelah menerima laporan dan juga menunjukkan bagaimana aplikasi marine traffic bisa memantau kapal-kapal yang melintas di perairan seputar Bali.

Mengani kunjungan itu, Gede Darmada mengatakan hubungan kerja sama antara Basarnas dengan AMSA (Australian Maritime Safety Authority) sudah berjalan baik. Kerja sama yang telah berjalan berkelanjutan di antaranya melalui pelatihan SAR bersama (Ausindo) dan juga pertukaran pegawai.

“Terakhir kali kami menangani nelayan yang kapalnya tenggelam dan diselamatkan kapal Australia, HMAS Anzac,” kata Gede Darmada.

Sebelum berakhirnya kunjungan, Gede Darmada memberikan cenderamata kepada Anthea Griffin dan menyampaikan akan melakukan audiensi ke Kantor Konsul Australia yang ada di Bali. *asa

Komentar