nusabali

Nyoman Wijaya Terpilih Jadi Perbekel Gerokgak Berstatus PAW

  • www.nusabali.com-nyoman-wijaya-terpilih-jadi-perbekel-gerokgak-berstatus-paw

SINGARAJA, NusaBali
I Nyoman Wijaya terpilih sebagai Perbekel Gerokgak, Kecamatan Gerokgak, Buleleng dengan status PAW (pergantian antar waktu).

Wijaya yang merupakan calon nomor urut 2 terpilih setelah raih suara terbanyak dalam voting pada Musyawarah Desa (Musdes) Pilkel Gerokgak PAW, di halaman SDN 3 Gerokgak, Rabu (24/11). Wijaya menggantikan posisi perbekel sebelumnya, yakni Kadek Surata, 48, yang meninggal dunia dalam kecelakaan lalulintas, Kamis 8 Juli lalu.

Pilkel PAW dimulai pada pukul 08.00 Wita dan berakhir pukul 12.30 Wita dengan menghadirkan 217 orang perwakilan dari elemen masyarakat. Dari hasil pemilihan calon nomor urut 2 I Nyoman Wijaya menang dengan 123 suara. Dia mengungguli dua lawannya, yakni Made Ginantra calon nomor urut 1 dengan perolehan 7 suara dan Putu Mangku calon nomor urut 3 dengan 47 suara. Sedangkan sisa 102 suara lainnya dinyatakan tidak sah. Calon pemenang ini kesehariannya menjabat sebagai Kelian Banjar Dinas Puncak Sari, Desa Gerokgak.

Camat Gerokgak Made Juartawan dihubungi via telepon, Rabu (24/11) mengatakan proses Pemilihan Perbekel PAW Desa Gerokgak sudah dimulai sejak Bulan Oktober lalu. Tahapan pemilihan awalnya mendapatkan 4 calon perbekel. Namun karena ketentuan yang membatasi hanya boleh maksimal 3 calon, satu salon dinyatakan gugur dalam seleksi administrasi.

“Seluruh tahapan sebelum musdes hari ini sudah dilaksanakan sejak Oktober lalu. Voting dalam musdes hari ini melibatkan perwakilan elemen masyarakat mulai dari unsur organisasi di desa, karang taruna, termasuk unsur adat semua dilibatkan,” jelas Juartawan.

Dua dari tiga calon perbekel ini disebutnya sudah pernah mencalonkan diri pada pemilihan perbekel sebelumnya. Bahkan calon nomor urut 3 Putu Mangku merupakan mantan perbekel periode 2014-2019. Putu Mangku dan I Nyoman Wijaya (calon pemenang) juga pernah bertemu pada pemilihan perbekel Desa Gerokgak periode 2009-2014, yang saat itu dimenangkan oleh Putu Mangku.

Juartawan pun mengatakan, hasil musdes pemilihan perbekel PAW ini akan dilaporkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Gerokgak kepada Bupati Buleleng melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Buleleng. I Nyoman Wijaya baru akan bertugas setelah dilantik melanjutkan kepemimpinan perbekel lama hingga 17 Desember 2026 mendatang.

“Perbekel lama yang meninggal kecelakaan kan dilantik 17 Desember 2019, jadi perbekel PAW nanti menjabat kurang lebih tiga tahunan. Nanti setelah dilantik baru bertugas. Sementara masih diisi Pj Perbekel Ketut Arya Negara yang juga Sekcam Gerokgak,” kata Camat Juartawan.

Sementara itu sebelumnya diberitakan, Perbekel Desa/Kecamatan Gerokgak Kadek Surata, 48, meninggal dunia karena kecelakaan, Kamis (8/7). Peristiwa kecelakaan itu terjadi di kilometer 10.100 jalur Singaraja-Seririt wilayah Desa Kaliasem, Kecamatan Banjar, Buleleng. Kadek Surata dinyatakan meninggal dunia di tempat akibat kecelakaan yang dialaminya. *k23

Komentar