nusabali

Jelang Putusan, Zainal Tayeb Banjir Dukungan

  • www.nusabali.com-jelang-putusan-zainal-tayeb-banjir-dukungan

DENPASAR, NusaBali
Jelang putusan yang akan dibacakan majelis hakim hari ini Kamis (25/11), pengusaha dan promotor tinju Zainal Tayeb, 65, yang jadi terdakwa dugaan memasukkan keterangan palsu dan akta otentik banjir dukungan.

Salah satunya dari dari mantan juara dunia tinju, Chris John. Petinju dengan julukan ‘The Dragon’ itu mengirimkan video dukungan untuk Zainal Tayeb. Dalam rekaman, petinju yang dikenal dengan sebutan ‘The Dragon’ itu mengaku sudah cukup lama mengenal sosok Zainal Tayeb.  Hubungan itu kian erat ketika petinju asal Jawa Tengah tersebut diizinkan tinggal dan berlatih di sasana milik Zainal yakni Mirah Sasana Boxing Camp (MBC) Kuta dan Banyuwangi. “Beliau selain memang jiwa sosialnya tinggi juga sangat senang olahraga untuk meningkatkan prestasi,”sebut pemilik nama lengkap Christian John ini.

Cris John mengaku tidak percaya atas apa yang dituduhkan pada tokoh Bugis ini. Apalagi, korban yang disebutkan dalam kasus ini keponakannya sendiri, Hedar Giacomo Boy Syam. “Kalau beliau berbuat seperti itu pasti sudah tidak ada lagi tempat untuk beliau. Kenyataannya, teman-teman beliau banyak sekali, baik di Bali atau luar Bali. Beliau baik dengan masyarakat,” ujarnya. “Semoga masalah yang dihadapi Pak Zainal cepat selesai, dan beliau diberi kekuatan dan kesehatan yang baik,” pungkasnya.

Dukungan yang sama datang dari Martin Daniel yang dikenal sebagai promotor tinju internasional. Dalam rekaman video yang dikirimkan ke keluarga Zainal Tayeb, Rabu (24/11) Martin Daniel mengaku hubungannya dengan pemilik sasana Mirah Boxing Camp (MBC) Kuta itu cukup baik. “Saya selaku sahabat, teman, saudara mengenal baik bapak Zainal Tayeb. Dan saya sangat prihatin dengan permasalahan yang dia alami. Yang saya kenal bapak Zaenal Tayeb orang yang sangat jujur,” ujar Daniel Martin dalam videonya.

Selama ini menurut Daniel, sosok Zainal Tayeb punya keinginan untuk memajukan kegiatan apa pun yang dia lakukan. Pengusaha dari Mamasa itu, punya keinginan maksimal dalam membantu masyarakat, terutama di dunia olahraga tinju profesional. “Jadi pandangan saya pak Zaenal Tayeb ini adalah orang yang baik dan rasanya tidak mungkin seorang Zaenal tayeb melakukan hal-hal yang melanggar hukum seperti yang dia alami sekarang ini,”ujar Daniel Martin.

“Mudah-mudahan hakim bisa memutuskan seadil-adilnya untuk senior saya, sahabat saya pak Zaenal Tayeb, saya yakin hakim punya pandangan, punya penilaian khusus soal itu. Sehat terus senior pak Zaenal Tayeb semoga bisa mendapatkan keadilan dalam putusan nanti,”harapnya.

Sementara itu, pada sidang lanjutan dengan agenda tanggapan tim pembela Zainal Tayeb (Duplik) atas replik penuntut umum tidak dihadiri terdakwa Zainal Tayeb. Hal itu dikarenakan kondisi kesehatan Zainal kembali drop saat akan sidang online di Kejari Badung.

Dalam duplik, penasihat hukum Zainal Tayeb, Mila Tayeb dkk kembali menegaskan jika terdakwa Zainal Tayeb tidak bersalah dan minta dibebaskan.

Majelis hakim yang diketuai Wayan Yasa lalu menjadwalkan sidang agenda putusan pada Kamis (25/11). *rez

Komentar