nusabali

Calon Anggota KPU dan Bawaslu RI Jalani Tes Tertulis

  • www.nusabali.com-calon-anggota-kpu-dan-bawaslu-ri-jalani-tes-tertulis

JAKARTA, NusaBali
Seleksi Calon Anggota KPU RI dan Bawaslu RI telah memasuki tahapan tes tertulis dan penulisan makalah.

Mereka menjalani tes di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat pada, Rabu (25/11). Anggota Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU RI dan Bawaslu RI, I Dewa Gede Palguna mengatakan ada 587 orang peserta yang hadir.

"Dari 587 orang yang hadir tersebut, 323 orang merupakan Calon Anggota KPU RI. Sementara Calon Anggota Bawaslu RI 264 orang yang hadir," ujar Palguna saat dihubungi, Rabu (24/11). Para peserta yang mengikuti seleksi tertulis dan penulisan makalah adalah peserta yang lolos seleksi administrasi.

Sebelumnya Timsel Calon Anggota KPU RI dan Bawaslu RI menyebutkan, peserta lolos seleksi administrasi 629 orang. Menurut Palguna, setelah diteliti kembali ternyata ada 630 orang. "Karena ternyata salah jumlah," terang Palguna.

Satu orang tersebut memenuhi syarat lengkap, tetapi namanya tidak tercantum dalam lampiram keputusan. Dari 630 peserta itu, yang hadir mengikuti seleksi tertulis dan penulisan makalah 587 orang. Sedangkan yang tidak hadir 42 orang dan satu orang mengundurkan diri sehingga total 43 orang yang tidak datang.

Palguna mengatakan para Calon Anggota KPU RI dan Bawaslu RI mengikuti tes tertulis berupa objective test (pilihan ganda, benar-salah) seputar kepemiluan, ketatanegaraan dan kebangsaan. Jumlah soal ada 110 dan mereka diberi waktu dua jam untuk menyelesaikannya.

Mengenai penulisan makalah, para Calon Anggota KPU RI dan Bawaslu RI harus membuat makalah bertema Desain Strategi dan Inovasi Penyelenggaraan Pemilu 2024 yang Berintegritas. Mereka diberi waktu tiga jam untuk menulis makalah.

"Minimal penulisan makalah 1.500 kata," jelas mantan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) ini. Usai mengikuti tes tertulis dan penulisan makalah, Calon Anggota KPU RI dan Bawaslu RI akan mengikuti tes psikologi pada, Kamis (25/11). Kemudian pengumuman hasil tes tersebut akan dilakukan pada 3 Desember 2021. *k22

Komentar