nusabali

Anggaran Pilkada Buleleng 2024 Dirancang Rp 69.63 M

KPU Bali Minta Dimasukkan Dalam Dua Tahun Anggaran

  • www.nusabali.com-anggaran-pilkada-buleleng-2024-dirancang-rp-6963-m

SINGARAJA, NusaBali
Pemkab Buleleng diminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali menyiapkan anggaran untuk Pilkada Buleleng 2024 mendatang dalam dua tahun anggaran.

Hal ini dilakukan agar tidak menumpuk di satu tahun anggaran. Anggaran Pilkada Buleleng 2024 sendiri telah dirancang sebesar Rp 69,63 miliar lebih. Ketua KPU Bali I Dewa Agung Lidartawan saat ditemui di KPU Buleleng, Rabu (24/11) mengatakan penyiapan dana dengan system ini sangat penting dilakukan. Selain untuk meringankan beban pemerintah daerah dalam penyiapan anggaran, juga untuk mengantisipasi kekosongan program di pemerintahan karena seluruh anggarannya difokuskan untuk Pilkada.

“Kami harap Buleleng melakukan hal sama seperti Pemprov Bali yang sudah mengklirkan anggaran Pilkada tingkat provinsi. Dari Rp 250 miliar anggaran yang diperlukan untuk Pilgub Bali, Rp 100 miliar disiapkan di tahun 2022 dan Rp 150 miliar disiapkan di tahun 2023. Kalau disediakan sekalian, bisa-bisa OPD tidak ada program kegiatan, karena anggaran Pilkada Buleleng juga cukup besar,” kata Lidartawan yang didampingi Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana.

Sesuai dengan Rencana Kebutuhan Biaya (RKB) Pilkada Buleleng tahun 2024 mendatang yang disusun KPU Buleleng diperlukan anggaran Rp 69,63 miliar lebih. Sehingga jika disiapkan anggaran lebih awal dapat mengurangi beban anggaran pemerintah.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng Gede Suyasa dikonfirmasi terpisah kemarin mengatakan Pemkab sudah bertemu KPU Buleleng sepakat dana hibah untuk penyelenggaraan Pilkada akan dialokasikan dalam dua tahun anggaran. Seluruh anggaran yang diperlukan untuk penyelenggaraan Pilkada mulai akan dibahas Maret 2022 mendatang. “Anggaran Pilkada ini akan kami bahas bersama DPRD Buleleng karena menyangkut anggaran daerah,” ungkap Suyasa. *k23

Komentar