nusabali

Pohon Setinggi 12 Meter Tumbang, Melintang di Jalan Kebo Iwa Utara

  • www.nusabali.com-pohon-setinggi-12-meter-tumbang-melintang-di-jalan-kebo-iwa-utara

DENPASAR, NusaBali
Pohon ketapang berdiameter sekitar 30 centimeter dengan tinggi 12 meter tumbang dan melintang di Jalan Kebo Iwa Utara, Desa Padangsambian Kaja, Denpasar Utara, Selasa (23/11).

Pohon tersebut tumbang karena hujan dan angin kencang. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kota Denpasar Ida Bagus Putra Wirabawa yang akrab disapa Gustra, mengemukakan pohon tersebut tumbang sekitar pukul 14.00 Wita. Pohon tumbang karena tidak kuat menahan beban akibat curah hujan tinggi disertai angin yang cukup kencang.

Gustra mengatakan, awal diketahui pohon tersebut tumbang dari laporan warga. Atas laporan tersebut timnya langsung meluncur ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan. “Kejadiannya sekitar pukul 14.00 Wita. Pohon yang tumbang jenis ketapang, tumbang melintang ke jalan raya,” ucap Gustra.

Sampai di lokasi, pohon tersebut belum bisa ditangani karena menimpa kabel listrik. Dengan kondisi hujan dan angin kencang, petugas belum berani mengambil tindakan karena berisiko. Sehingga Dinas LHK menghubungi PLN untuk meminta bantuan penanganan kabel listrik.

Selain menimpa kabel, pohon tersebut juga menimpa atap kanopi sebuah toko di depannya. “Ada kabel listrik yang tertimpa dan kanopi, namun tidak fatal. Kalau kabel, kami tidak berani melakukan tindakan karena berisiko. Karenanya kami minta bantuan PLN. Tapi kalau kanopinya itu rusak sedikit, sudah bisa diperbaiki. Lalulintas sempat tersendat tapi tidak lama,” ungkap Gustra.

Gustra mengatakan, penanganan pohon tersebut baru tuntas sekitar satu jam setelah tumbang, sebab masih menunggu proses penanganan kabel dari PLN. Setelah penanganan kabel selesai, tim Dinas LHK dengan mengerahkan 20 petugas dan 4 truk pengangkut langsung melakukan penanganan. Sehingga lalu lintas bisa kembali lancar. *mis

Komentar