nusabali

Layanan Air di Empat Desa Terganggu

  • www.nusabali.com-layanan-air-di-empat-desa-terganggu

Sekitar 4.500 pelanggan mengalami gangguan selama satu minggu.

AMLAPURA, NusaBali

Dinas PUPR Bali melalui SPAM (sistem penyediaan air minum) memperbaiki jaringan air di jalur Banjar Putung, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat menuju Banjar Telaga, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Selasa (23/11). Perbaikan jaringan selama tujuh hari dari tanggal 23-30 November 2021. Imbasnya, pelayanan air bersih dari Perumda Tirta Tohlangkir di empat desa terganggu.

Kabid Teknik Perumda Tirta Tohlangkir Karangasem Ida Bagus Sudirga melakukan pelayanan secara bergilir. Selama ini Perumda Tirta Tohlangkir membeli air baku Telagawaja untuk didistribusikan. “Ada perbaikan di dua reservoar. Pelayanan air bersih di empat desa bertetangga terganggu,” ungkap Ida Bagus Sudirga. Kedua reservoar itu ada Sungai Telagawaja, Banjar Putung dan Banjar Telaga. Perbaikan jaringan untuk mencegah pipa meledak.

Selama perbaikan, Desa Duda Timur Kecamatan Selat, Desa Sibetan dan Desa Bungaya Kangin Kecamatan Bebandem, Kelurahan Subagan, dan Kelurahan Padangkerta Kecamatan Karangasem dapat pelayanan secara bergilir. Sekitar 4.500 pelanggan mengalami gangguan selama satu minggu. Pelayanan air bersih tetap dilakukan dengan cara mengatur pendistribusian air. “Masih ada sisa air di reservoar Banjar Putung untuk dibelokkan melayani desa-desa yang terdampak akibat perbaikan,” jelas Ida Bagus Sudirga.

Di beberapa wilayah Perumda Tirta Tohlangkir berikan pelayanan menggunakan mobil tangki. “Kami telah melakukan pemberitahuan kepada pelanggan agar dimaklumi. Pelayanan sementara terganggu karena masih ada perbaikan,” jelasnya. Belakangan ini banyak pelanggan mengalami gangguan pelayanan, bukan saja karena adanya pemeliharaan jaringan, juga karena ada proyek perbaikan trotoar sehingga pipa digaruk ekskavator, menyebabkan terjadi kebocoran dan suplai air terhenti.

Sebelumnya juga melakukan perbaikan jaringan pipa di Desa Talibeng, Kecamatan Sidemen. Perbaikan pipa distribusi 6 dim menyebabkan pelayanan di empat desa terganggu yakni Desa Talibeng, Desa Loka Sari, Desa Kerta Buana, dan Desa Tri Eka Buana. *k16

Komentar