nusabali

Harga Hotel hingga Rent Car Naik 3 Kali Lipat

Selama Ajang WSBK

  • www.nusabali.com-harga-hotel-hingga-rent-car-naik-3-kali-lipat

JAKARTA, NusaBali
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, ajang balap motor internasional World Superbike (WSBK) di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 19-21 November, memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian setempat.

Hal tersebut ia sampaikan ketika menghadiri rangkaian terakhir sekaligus penutup dari WSBK, didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, serta Kepala Kepolisian Daerah NTB M. Iqbal.

"Pak Gubernur telah melaporkan bahwa di sini tidak ada satupun hotel dan homestay yang kosong, malah harganya naik tiga kali lipat. Sewa mobil juga naik, semua ekonomi menjadi hidup," kata  Luhut dalam siaran persnya, seperti dilansir Kompas.com, Senin (22/11).

Selain itu, usai WSBK ini, pemerintah akan kembali membenahi lintasan balap Sirkuit Mandalika untuk persiapan balapan internasional MotoGP yang rencananya digelar pada Maret 2022.

"Ini sirkuit standar kelas dunia, sudah high end-nya dunia. Jadi anak-anak muda patut bangga dengan itu. Kualitas sirkuit ini tentu ada sedikit perbaikan, dan tadi Pak Gubernur dan Pak Menhub sepakat akan segera diperbaiki, selesai Maret. Bulan Maret akan ada seri MotoGP, yang akan dibuat lebih bagus lagi," imbuh Luhut.

Ketika WSBK berlangsung, tentunya penerapan protokol kesehatan, keamanan dan ketertiban menjadi prioritas, terutama agar tidak terjadi klaster Covid-19 baru pasca ajang balapan itu.

"Kami telah menyiapkan regulasi prokes yang ketat antara lain penonton harus sudah vaksin dua kali, memiliki hasil swab antigen (1x24 jam) atau PCR (2x24jam) negatif Covid-19 yang terintegrasi dengan aplikasi Peduli Lindungi, serta menggunakan masker dobel selama menonton event," ujar Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer.

Selain itu, sebagai tindakan preventif, dia menyebutkan bahwa ITDC juga menyediakan sarana prasarana fasilitas kesehatan seperti ruang isolasi, tenda medis, mini klinik, ambulans, medical center, dan juga tenaga kesehatan terlatih di area sirkuit.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menuturkan, turut mendukung kelancaran penyelenggaraan acara WSBK 2021. Salah satunya mempersiapkan manajemen rekayasa lalu lintas agar mobilitas pergerakan orang dan kendaraan pada saat event berlangsung dapat berjalan lancar. *

Komentar