nusabali

Sekda Soroti Capaian Pembangunan

  • www.nusabali.com-sekda-soroti-capaian-pembangunan

Capaian Dinas Kesehatan rendah karena pembangunan Puskesmas Abang I masih berjalan.

AMLAPURA, NusaBali

Sekda Karangasem I Ketut Sedana Merta soroti realisasi capaian pembangunan hingga November 2021. Sebanyak 8 OPD masih di zona kuning. Capaian ini berpengaruh terhadap realisasi keuangan. Sekda juga menyoroti 29 OPD yang realisasi keuangannya masih di zona kuning dan 3 OPD masuk zona merah. Sementara Bupati Karangasem I Gede Dana gencar melakukan pemantauan di lapangan untuk memotivasi OPD agar realisasi pekerjaan sesuai rencana.

Sekda Sedana Merta mengatakan, pengerjaan fisik masih berjalan. Saat ini ada hambatan akibat mulai turun hujan. Sebanyak 8 OPD yang realisasi fisik dan realisasi keuangannya belum memenuhi target yakni Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Capaiannya baru 74,76 persen. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebesar 73 persen, Dinas Kesehatan sebesar 59,85 persen, Dinas Pariwisata sebesar 72,02 persen, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebesar 72,75 persen.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu sebesar 67,51 persen, Dinas Perindustrian dan Perdagangan sebesar 68 persen, dan Kecamatan Karangasem 60,23 persen. Khusus Dinas Kesehatan, capaiannya masih rendah karena pembangunan Puskesmas Abang I dan pembangunan fasilitas kesehatan lainnya sedang berjalan. Target tuntas pada 15 Desember 2021. Realisasi keuangannya hanya 49,13 persen. Sekda Sedana Merta mengungkapkan, untuk realisasi keuangan sebanyak 29 OPD masih di zona kuning dan 3 OPD zona merah. Dijelaskan, zona merah dengan realisasi keuangan antara 0 persen-50 persen, zona kuning capaian 50 persen hingga 75 persen, dan zona hijau 75 persen hingga 100 persen.

Kabag Administrasi Pembangunan Setda Karangasem, Wesdasmara, yang mendata realisasi pembangunan fisik dan realisasi keuangan membenarkan 8 OPD masuk zona kuning untuk realisasi fisik. “Jika realisasi fisik atau realisasi keuangan telah tuntas, cepat laporkan ke Bagian Adbang Setda Karangasem,” pinta Wedasmara. Secara keseluruhan realisasi fisik mencapai 77,07 persen. Bupati Karangasem I Gede Dana gencar melakukan pemantauan di lapangan untuk memotivasi OPD agar realisasi pekerjaan sesuai rencana. *k16

Komentar