nusabali

MU Resmi Pecat Solskjaer

Michael Carrick Pimpin Laga Lawan Villarreal

  • www.nusabali.com-mu-resmi-pecat-solskjaer

Ole akan selalu jadi legenda di Manchester United dan menyesal kami mencapai keputusan sulit ini.

MANCHESTER, NusaBali

Manchester United (MU) secara resmi memecat pelatih Ole Gunnar Solskjaer pada Minggu (21/11), sehari setelah Cristiano Ronaldo dkk menelan kekalahan 1-4 oleh tim promosi Watford, di Vicarage Road, Sabtu (20/11) malam.

Mantan pemain sekaligus asisten pelatih Solskjaer, Michael Carrick ditunjuk memimpin MU menjelang laga tandang Liga Champions melawan Villarreal pada Rabu (24/11). MU juga mengatakan, mereka sekarang ingin mencari pelatih sementara untuk memimpin tim hingga akhir musim. .

Solskjaer sendiri menandatangani perpanjangan kontrak tiga tahun hingga Juli 2024. Namun dia dipecat setelah MU menelan lima kekalahan dari tujuh laga Premier League terakhir, termasuk kekalahan dari Aston Villa, West Ham United, Leicester City, Liverpool, dan Manchester City.

"Manchester United mengumumkan Ole Gunnar Solskjaer meninggalkan perannya sebagai pelatih. Ole akan selalu menjadi legenda di Manchester United dan menyesal kami mencapai keputusan sulit ini," pernyataan MU, di situs resmi klub, Minggu.

Karena memecat Solskjaer, MU memberi pesangon cukup besar, seperti diklaim The Sun, sampai 7,5 juta pounds (sekitar Rp 143,8 miliar). Solskjaer awalnya pelatih sementara saat MU memecat Jose Mourinho pada Desember 2018, lalu dipermanenkan pada Maret 2019.

Solskjaer bernasib sama seperti David Moyes, Louis van Gaal, dan Jose Mourinho, yang menjadi manajer MU usai era Sir Alex Ferguson, yakni  gagal juara Premier League dan kena pecat.

Sejak ditinggal Sir Alex pada 2013, MU terus dilanda krisis, hingga belum pernah memenangkan gelar Liga Premier Inggris. Sir Alex memimpin MU meraih gelar ke-13 kalinya dalam 23 tahun masa kepelatihannya di Old Trafford. Gelar juara pada 2013 dari  Sir Alex jadi gelar terakhir MU.

Sedangkan Van Gaal dan Mourinho mampu mengantar MU meraih trofi. Van Gaal dengan Piala FA 2015, Mourinho dengan Liga Europa dan EFL Cup pada 2017. Trofi itu tak kuasa dipersembahkan Solskjaer.

MU juga mencoba meningkatkan peluang juara dengan memulangkan bintang asal Portugal Cristiano Ronaldo pada Agustus lalu. Meski menjalani laga yang baik di awal musim, MU kini di urutan ketujuh klasemen usai 12 laga, terpaut 12 poin dari Chelsea di puncak.

Kini MU sedang mencari pengganti Solskjaer untuk jangka panjang. Mantan manajer Real Madrid, Zinedine Zidane dan manajer Leicester City Brendan Rodgers dikaitkan dengan pekerjaan itu. Selain itu, juga ada nama Erick Ten Hag (Ajax Amsterdam), Mauricio Pochettino (Paris Saint Germain), dan Ralf Rangnick (Lokomotiv Moskow).

Rangnick jadi opsi tersedia yang kemungkinan besar jadi suksesor Solskjaer. Kini Pelatih asal Jerman itu menjabat Head of Sports and Development Lokomotiv Moskow. Dia dikenal jago mengubah tim biasa jadi tim super, seperti Schalke dan RB Leipzig. *ant

Komentar