nusabali

Kacab Bank Germany Apreasiasi TOSS Center

  • www.nusabali.com-kacab-bank-germany-apreasiasi-toss-center

SEMARAPURA, NusaBali
Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center, Banjar Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, mendapatkan kunjungan Kepala Cabang (Kacab) Bank Germany di Indonesia, Burkhard Hinz, Minggu (21/11).

Tamu penting ini diterima langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Kunjungan itu serangkaian rencana pemberian bantuan oleh Bank Germany kepada Pemkab Klungkung atas keseriusannya dalam menangani masalah sampah. Hadir dalam acara itu, Kapala Baperlitbang Klungkung Anak Agung Lesmana, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung I Ketut Suadnyana, dan Kepala Dinas Pariwisata Klungkung Anak Agung Gede Putra Wedana.

Dihadapan Burkhard Hinz, Bupati Suwirta menceritakan awal dibuatnya TOSS Center hingga menjadi seperti sekarang. Kata Bupati, TOSS adalah bentuk keseriusan Pemkab Klungkung dalam menangani masalah sampah setelah ditutupnya TPA Sente di Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Klungkung. Sejalan dengan TOSS Center ini, semua desa di Kabupaten Klungkung juga didorong untuk menangani sampah secara mandiri. "Intinya bagimana mengajarkan masyarakat untuk memilah dan mengelola sampah dari sumber," ujar Bupati Suwirta.

Setelah berkeliling di TOSS Center, Bupati Suwirta lanjut mengajak Burkhard Hinz melihat lebih dekat kondisi TPA Biaung di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, dan salah satu destinasi wisata Pantai Klingking, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida.

Kepala Cabang Bank Germany di Indonesia Burkhard Hinz sangat mengapresiasi Pemkab Klungkung yang serius menangani masalah sampah. Hal itu terlihat dari dibangunnya TOSS Center sebagai upaya dalam menangani masalah sampah. Menurutnya, Klungkung yang mempunyai banyak destinasi wisata, sehingga masalah sampah harus menjadi perhatian serius. Sementara terkait dengan rencana pemberian bentuan Burkhard berharap Pemkab Klungkung bisa membuat usulan besar yang didalamnya mencakup masalah lingkungan (sampah), infrastruktur dan transportasi. *wan

Komentar