nusabali

Jelang Nataru, Satpol PP Badung Siaga

  • www.nusabali.com-jelang-nataru-satpol-pp-badung-siaga

MANGUPURA, NusaBali
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung, turut siaga membantu aparat keamanan saat perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Hal ini sebagai upaya tindak lanjut kebijakan pemerintah pusat melakukan pembatasan perayaan tahun baru, demi mencegah penyebaran Covid-19.

Kasatpol Badung I Gusti Agung Ketut Suryanegara, menegaskan telah mendapatkan pengarahan langsung dari Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan terkait pembatasan perayaan Nataru. “Kami sudah mengikuti zoom meeting dengan Bapak Menko Marves tentang pembatasan perayaan tahun baru termasuk pelaksanaan PPKM level 3,” ujarnya, Minggu (21/11).

Saat ini pihaknya sedang mempertimbangkan langkah-langkah yang akan diambil mengikuti rencana pemerintah pusat tersebut. Menurut Suryanegara, pengawasan yang akan dilakukan lebih ketat di tempat yang menjadi pusat keramaian saat perayaan Nataru.

“Rencananya kegiatan akan dimulai pada awal Desember 2021. Saat ini sedang kami ancer-ancer kegiatan yang akan kami lakukan. Kemungkinan akan dilakukan kembali penyekatan dengan pemeriksaan lebih detail, pengawasan prokes, patroli yang lebib sering, dan penerapan jam malam,” kata Suryanegara.

Sementara itu, untuk akses ke Pantai Kuta dan sekitarnya yang biasanya menjadi pusat keramaian juga akan dilakukan penyekatan. Selain itu, kata Suryanegara, kemungkinan kebijakan ganjil-genap untuk kendaraan diberlakukan kembali.

“Kami lihat dulu situasinya, kalau memang harus dilakukan (ganjil-genap), kemungkinan akan muncul kembali. Untuk sementara kami lihat dulu situasinya,” beber mantan Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Badung itu.

Dia menambahkan, seluruh upaya akan dilakukan untuk mengantisipasi adanya lonjakan kasus Covid-19, seperti di beberapa negara lainnya. Pihaknya juga tak henti memberikan edukasi dan sosialisasi penerapan protokol kesehatan (prokes) demi kesehatan bersama.

“Kami tidak mau kecolongan lagi. Dulu periode kedua sudah kecolongan, sekarang semoga periode ketiga tidak,” tandas Suryanegara. *ind

Komentar