nusabali

Pohon Tumbang Timpa Kos Kosan di Ubud

  • www.nusabali.com-pohon-tumbang-timpa-kos-kosan-di-ubud

GIANYAR, NusaBali.com – Hujan yang disertai angin kencang menyebabkan belakangan ini sering terjadi sejumlah bencana alam. Seperti tanah longsor, dan pohon tumbang terutama di Kabupaten Gianyar.

Seperti yang terjadi di Desa Abianseka, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. Akibat guyuran hujan serta angin kencang menyebabkan pohon sengon tumbang dan menimpa bangunan kos-kosan yang ada di bawahnya, Minggu (21/11/2021) pukul 17.05 Wita. “Pohon tumbang karena cuaca ekstrem,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Kabupaten Gianyar I Gusti Ngurah Dibya Prasesta.

Tidak hanya satu pohon, namun tiga pohon sekaligus menimpa bangunan kos-kosan tersebut sehingga menimbulkan berbagai macam kerusakan salah satunya yakni kerusakan pada bagian atap kos-kosan. Dan pemilik kos-kosan memperkirakan kerugian mencapai sekitar Rp 60 juta. “Ketinggian masing-masing pohon rata-rata 20 meter, dengan diameter 20 cm,” tambah I Gusti Ngurah Dibya Prasesta.

Dengan sigap BPBD yang telah menerima laporan terkait peristiwa tersebut kemudian menangani pohon yang tumbang, dan turut dibantu oleh Bhabinkamtibmas Desa Abianseka, Camat Ubud, dan masyarakat setempat.

Sekitar pukul 17.50 Wita pohon yang tumbang pun berhasil ditangani, dan tidak ada korban luka maupun korban jiwa pada peristiwa tersebut.

I Gusti Ngurah Dibya Prasesta kemudian mengimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati dan waspada saat beraktivitas di luar rumah, terutama dengan cuaca ekstrem hujan lebat disertai angin kencang yang belakangan sering terjadi. “Jika bisa kegiatan di luar rumah diminimalisir saat hujan dan angin kencang. Karena sangat berbahaya guna menghindari hal yang tidak diinginkan,” tutupnya. *rma

Komentar