nusabali

Ari Mahaputra Juara I Makendang, Adi Wiguna – Adi Pranata Juara I Bapang Barong

Lomba Bapang Barong Ket dan Makendang Tunggal Kota Denpasar 2021

  • www.nusabali.com-ari-mahaputra-juara-i-makendang-adi-wiguna-adi-pranata-juara-i-bapang-barong

DENPASAR, NusaBali
Tiga besar terbaik Lomba Bapang Barong Ket dan Makendang Tunggal Kota Denpasar 2021 akan diberikan pembinaan untuk mempersiapkan seniman muda menjadi Duta Kota Denpasar pada gelaran Pesta Kesenian Bali (PKB) serta kompetisi lainnya.

Hal itu dikemukakan Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara saat menutup lomba tersebut, Kamis (19/11) malam di Dharma Negara Alaya, Lumintang, Denpasar Utara. “Nantinya pemenang lomba akan terus dibina untuk disiapkan sebagai Duta Kota Denpasar. Kami bangga melihat anak-anak muda tetap berkreativitas dan tidak kehilangan jati diri,” ujar Walikota Jaya Negara.

“Bapang Barong ini jika diibaratkan olahraga, kita sedang mempersiapkan atlet. Dalam bidang seni kami mempersiapkan agar bisa tampil di PKB tahun depan. Juara I, II, dan III ini akan kita latih dan bina sehingga dapat optimal nantinya menjadi Duta Kota Denpasar dalam event atau kompetisi lainnya,” imbuh Walikota Jaya Negara.

Acara tersebut juga dihadiri Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana, dan Plt Kadisbud Kota Denpasar AA Gde Risnawan.

Adapun pemenang Lomba Bapang Barong Ket, juara I pasangan I Made Adi Wiguna dan Komang Putra Adi Pranata; juara II pasangan I Putu Arya Arsa Wiguna dan I Wayan Gede Bimantara; juara III pasangan I Nyoman Adi Sugita dan I Kadek Mahardika Putra; juara harapan I pasangan Ida Bagus Eka Harista dan Putu Prama Kesawa Ananda Putra; juara harapan II pasangan I Made Sadha Watugunawan dan I Gede Putra Yadnya; dan juara harapan III pasangan I Kadek Satya Sasra Weda dan I Made Agustina Putra.

Lomba Makendang Tunggal, juara I I Made Ari Mahaputra, juara II I Komang Wahyu Nugraha, juara III I Wayan Agus Herry Wahyudi, juara harapan I Dwi Marta Adi Suryantara, juara harapan II I Made Aridanta Wedasmara, dan juara harapan III I Nyoman Anom Saputra Jaya. Seluruh pemenang diberi hadiah piagam dan uang pembinaan.

Walikota Jaya Negara mengajak seluruh peserta yang belum mendapatkan juara agar tidak patah semangat. Hal ini lantaran kegiatan serupa akan digelar secara berkelanjutan untuk memberikan wadah bagi seniman muda Kota Denpasar. 

Pengamat seni yang juga Guru Besar ISI Denpasar Prof Dr I Wayan Dibia mengaku gembira lantaran Lomba Bapang Barong dan Makendang ini mendapat respons besar dan tinggi dari anak muda dan pecinta seni bebarongan di Kota Denpasar. Lewat lomba ini, Kota Denpasar akan memiliki kader-kader penari barong yang handal. 

Selain itu Prof Dibia juga mengingatkan seluruh seniman muda agar memperhatikan teknik Ngunda Bayu. Sehingga penari tidak tergesa-gesa menjelang akhir pementasan lantaran kehabisan tenaga.

“Jadi ngunda bayu ini penting, pembagian tenaga penting mulai dari gilak depan, condong, gowak macok, ngintip jangkrik, dan omang. Jika tenaga masih banyak dapat dihabiskan di omang, karena dalam Tari Barong ini ada tekhnik ngunda bayu, intinya perlu dilatih lagi ke depannya agar lebih optimal,” jelasnya. mis

Komentar