nusabali

Jelang Kuningan, Polsek Pantau Pasar Hewan Rubaya

  • www.nusabali.com-jelang-kuningan-polsek-pantau-pasar-hewan-rubaya

AMLAPURA, NusaBali
Menjelang Hari Raya Kuningan, Saniscara Kliwon Kuningan, Sabtu (20/11) besok, jajaran Polsek Kubu, Karangasem, dipimpin Kapolsek AKP I Nengah Sona,  memantau aktivitas di Pasar Hewan Rubaya, Banjar Beluhu Kangin, Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Karangasem, Kamis (18/11).

Pedagang dan pembeli dari lintas kabupaten itu, dipantau agar tetap menjalankan protokol kesehatan, terutama wajib pakai masker.

"Sebenarnya ada atau tidak Covid-19, tidak ada salahnya pengunjung ke Pasar Hewan Rubaya, pakai masker. Sebab, berhubungan langsung dengan kotoran sapi dan ternak lainnya, sehingga terhindar dari polusi udara," jelas AKP Sona, mengingatkan pengunjung.

Pasar Hewan Rubaya didominasi transaksi jual beli sapi, kambing, dan ayam. Setiap pengunjung dicermati Kapolsek AKP Sona agar disiplin menggunakan masker, guna mencegah terjadi penularan Covid-19 di Kecamatan Kubu.

Walau Karangasem masuk zona kuning, dan kasus mulai reda, katanya, tetapi edukasi masyarakat terus dilakukan, agar tidak lengah. Sebab, Covid-19, selain telah jadi pandemi atau wabah, juga nantinya berubah jadi endemi, suatu saat penyakit itu muncul kembali.

Selama ini jajaran Polsek Kubu, kata AKP Sona, lebih memprioritaskan edukasi masyarakat di pasar. Mulai dari Pasar Hewan Rubaya, Pasar Delundungan, Pasar Desa Kubu, Pasar Tukad Eling, Pasar Desa Tianyar, dan Pasar Suka Legawa.

Sebab, pasar sebagai tempat bertemunya masyarakat dari beragam tingkatan sosial masyarakat. Sekali-sekali diselingi patroli ke objek wisata, mengingat kunjungan wisatawan asing belum ada, aktivitas pariwisata di Kecamatan Kubu masih sepi.

Camat Kubu Nyoman Suratika mengapresiasi kerja keras Polsek Kubu yang setiap hari berpatroli mengedukasi masyarakat agar tertib protokol kesehatan, sehingga penularan Covid-19, bisa dicegah. "Kami juga sering menggelar pemantauan secara terpadu bersama Polsek Kubu, agar masyarakat tertib, dan selalu jalankan protokol kesehatan," jelas Suratika. *k16

Komentar