nusabali

Real Madrid-Barcelona Kompetisi di Bali

Koster Harap Jadi Momentum Kebangkitan Pariwisata

  • www.nusabali.com-real-madrid-barcelona-kompetisi-di-bali

Pemain Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, dan Indonesia All Stars akan menginap di Nusa Dua, sementara pertandingan digelar di Stadion Kapten Dipta

GIANYAR, NusaBali

Bali mendapat kehormatan sebagai tuan rumah laga babak penyisihan turnamen sepakbola junior bertajuk ‘International Youth Championship’ Bali-Jakarta, 4-8 Desember 2021 depan. Tiga klub raksasa dari Spanyol, yakni Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid akan terjunkan tim U-18 dalam turnamen ini. Gubernur Wayan Koster pun berharap event ini jadi ajang kebangkitan pariwisata Bali.

Selain Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid, turnamen Internastional Youth Championship 2021 ini juga melibatkan Tim U-20 Indonesia All Stars selaku tuan rumah. Tarung babak penyisihan akan digelar di Stadion Kapten Wayan Dipta, Desa Buruan, Kecamatan Blah-batuh, Gianyar, 4-8 Desember 2021. Sedangkan tarung babak final akan dilaksanakan di Jakarta International Stadion (JIS), 11 Desember 2021.

Chairman Pancoran Soccer Field, Gede Widiada, selaku perwakilan penyelenggara turnamen, mengatakan Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid dihadirkan berdasarkan popularitas dan kemudahan administratif. “Kita telah menerima 3 klub besar, yakni Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid," jelas Widiada dalam konferensi pers secara virtual di Stadion Kapten Wayan Dipta, Desa Buruan, Kamis (18/11) sore.

Menurut Widiada, Bali dipilih sebagai tempat pertandingan, karena pilihan dari masyarakat bola internasional dan komitmen kuat Gubernur Wayan Koster yang meminta pelaksanaan turnamen ini dilakukan di Pulau Dewata. Widiada pun memohon Gubernur Koster dan Gubernur DKI Jakarta Anies Bawsedan agar berkenan menyambut dan memberikan testimoni pada acara seremonial kedatangan para pemain peserta turnamen, 3 Desember 2021 nanti, di Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung.

Kesempatan tersebut, kata Widiada, sekaligus untuk menunjukkan bahwa Bali sebagai destinasi pariwisata dunia merupakan pulau yang aman dari penularan Covid-19. “Kami juga sampaikan bahwa Real Madrid dan Barcelona telah meminta untuk mengizinkan menyiarkan pertandingan turnamen ini ke luar negeri. Untuk itu, kepada panitia agar menjaga dengan rapi area pertandingan dan betul-betul mendisiplinkan protokol kesehatan dengan baik,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Wayan Koster merasa bahagia dan bangga Bali dipercaya menjadi tempat penyelenggaraan turnamen sepakbola internasional yang melibatkan klub rakasasa Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid ini. Terlebih, kesempatan terhormat ini diperoleh dalam gelaran perdana Internasional Youth Championship di Indonesia.

“Saya dukung penuh dan fasilitasi turnamen internasional ini," ujar Gubenur Koster dalam konferensi pers persiapan turnamen ‘International Youth Championship 2021’ Bali-Jakarta di Stadion Kapten Wayan Dipta, Desa Buruan, yang dilaksanakan Kamis sore pukul 16.30 Wita.

Gubernur Koster mengatakan saat ini memang masih dalam situasi pandemi Covid-19. Namun, dia memastikan Pemprov Bali bersama jajaran dalam 2 bulan terakhir telah berupaya mengendalikan perkembangan kasus. "Kasus harian Covid-19 di Bali terus melandai, konsisten dan stabil. Kemarin (Rabu) ada 11 kasus baru, 19 pasien sembuh, dan 1 pasien meninggal,” jelas Koster dalam konferensi pers secara virtual yang dihadiri pula Kapolda Bali Irjen Pon Putu Jayan Danuy Putra itu.

Guna menyukseskan turnamen internasional ini, secara teknis Koster memastikan kesiapannya. Hotel untuk tempat penginapan pemain sudah ditentukan. Para pemain, pelatih, dan ofisial tim peserta turnamen nantinya akan menginap di salah satu hotel mewah kawasan wisata Nusa Dua.

Koster yakin para pemain Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, dan Indonesia All Stars akan merasakan keindahan Pulau Bali, khususnya panorama pantai. “Saat acara pembukaan turnamen nanti, para pemain akan disuguhi pertunjukan kesenian Bali. Kami sudah sangat siap," tegas Gubernur asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng yang juga Ketua DPD PDIP Bali ini.

Turnamen internasional di Bali ini, kata Koster, akan berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Jumlah orang di stadion saat pertandingan, akan dibatasi hanya 150 orang termasuk pemain, pelatih, ofisial tim, dan panitia. Koster sendiri ingin pencinta sepakbola diberikan ruang lebih luas untuk menyaksikan langsung pertandingan di stadion. Jika diizinkan, Koster berharap penonton yang hadir menyaksikan pertandingan mencapai 25 persen dari kapasitas Stadion Kapten Wayan Dipta.

Koster berharap turnamen internasional ini jadi momentum kebangkitan pariwisata dan pemulihan ekonomi Bali. Menurut Koster, pariwisata Bali sudah hampir 2 tahun mati suri akibat pandemi Covid-19 sejak Maret 2020 lalu. “Kami harap event ini jadi momentum pemulihan pariwisata Bali dan kebangkitan ekonomi," harap politisi senior yang sempat tiga periode duduk di Komisi X DPR RI dari Fraksi PDIP Dapil Bali ini.

Sementara, Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra memastikan keamanan seluruh pemain, pelatih, dan ofisial tim selama di Bali. "Kami siap dukung kelancaran kegiatan. Kami susah siapkan pengamanan mulai dari kedatangan rombongan di Bandara Internasional Ngurah Rai Tuban, kawal ke penginapan, hingga menuju venue pertandingan. Kami kerja sama dengan Kodam IX/Udayana, Sat Pol PP, dan pecalang,” jelas Kapolda Putu Jayan Danu. *nvi

Komentar