nusabali

310 Pelamar CPNS Tabanan Bersiap Ikuti SKB pada 1 Desember 2021

  • www.nusabali.com-310-pelamar-cpns-tabanan-bersiap-ikuti-skb-pada-1-desember-2021

TABANAN, NusaBali
Proses rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemkab Tabanan memasuki tahap seleksi kompetensi bidang (SKB).

Sebanyak 310 pelamar dinyatakan lolos passing grade dan perankingan usai mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD). Ratusan peserta ini akan mengikuti tahap SKB sesuai jadwal pada 1 Desember 2021 di BKSDM Bali di Denpasar.

Sebelumnya untuk seleksi CPNS di Tabanan tahun 2021, sebanyak 3.793 pelamar lolos untuk mengikuti SKD. Namun dalam perjalanan waktu 404 peserta tak hadir mengikuti SKD, sehingga hanya 3.389 yang bertarung merebut 127 formasi.

Kemudian setelah SKD ini selesai dilakukan, hanya 2.143 pelamar yang memenuhi passing grade sementara sisanya 1.246 orang tak lolos passing grade. Dan setelah dilakukan perankingan hanya 310 yang lolos mengikuti SKB.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tabanan I Made Kristiadi Putra didampingi Sekdis BKPSDM Tabanan I Wayan Budi Artana, mengatakan jadwal SKB untuk Tabanan dilaksanakan 1 Desember 2021. Peserta akan mengikuti SKB di BKSDM Bali di Denpasar. “Tabanan dapat jadwal pada 1 Desember, yang pertama mengikuti SKB ini adalah Kabupaten Buleleng,” ujar Kristiadi, Rabu (17/11).

Dengan sudah ditetapkan jadwal tersebut, BKPSDM Tabanan bersiap akan membuat pengumuman untuk diinformasikan kepada peserta yang lolos mengikuti seleksi SKB. Rincian persyaratan yang harus dibawa pada umumnya sama dengan pelaksanaan SKD. Namun untuk tepatnya masih akan dibahas di rapat. “Kami belum informasikan apa saja yang dibawa peserta, masih kami siapkan. Namun pada dasarnya yang sudah pasti itu adalah mengikuti rapid antigen atau swab PCR,” imbuh Kristiadi.

Budi Artana menambahkan pada pelaksanaan SKB 1 Desember nanti, Tabanan hanya mendapatkan jadwal sehari. Peserta akan dibagi menjadi 4 sesi. “Sesuai jadwal, pelaksanaan tes hanya sehari, dan dibagi menjadi empat sesi,” ucapnya.

Menurut Budi Artana, meskipun proses CPNS di Tabanan sudah memasuki SKB ternyata dari 127 formasi ini ada empat formasi kosong yang tanpa pelamar. Rinciannya dokter spesialis patologi klinik, dokter spesialis radiologi ahli pratama, refraksionis optisien, dan penera ahli pratama. Dengan tanpa pelamar ini otomatis formasi tersebut hangus. “Kosongnya pelamar kemungkinan belum ada yang lulus dari pendidikan yang ditempuh,” imbuh Budi Artana.

Diakui Budi Artana pelamar CPNS tahun 2021 banyak yang penuhi passing grade hasil SKD. Contohnya saja seperti di formasi bidan, dari 5 formasi yang disediakan pelamar yang mengikuti SKD 348 orang. Setelah mengikuti rangkaian tahapan seleksi, 203 peserta yang penuhi passing grade kemudian setelah dilakukan perankingan hanya 15 yang berhak mengikuti SKB.

Kedua di formasi pengelolaan barang dan jasa dari 7 formasi yang disediakan, pelamar yang berhak mengikuti SKD mencapai 761 orang. Setelah mengikuti seleksi, 368 orang yang penuhi passing grade, namun ketika dilakukan perankingan hanya 21 orang yang berhak mengikuti seleksi SKB. “Dua formasi ini salah satu penyumbang peserta yang banyak lolos SKD maupun tumbang di SKD,” beber Budi Artana.

Dia berpesan kepada seluruh peserta yang akan mengikuti SKB ini untuk mempersiapkan diri dengan baik. “Persiapkan diri dengan baik, dan belajar dengan giat,” ucapnya. *des

Komentar