nusabali

Operasi Zebra Tekankan pada Disiplin Prokes

  • www.nusabali.com-operasi-zebra-tekankan-pada-disiplin-prokes

NEGARA, NusaBali
Operasi Zebra Agung 2021 yang dimulai Senin (15/11), akan digelar selama 14 hari hingga Minggu (28/11) mendatang.

Dalam pelaksanan operasi di tengah masa pandemi Covid-19 ini, jajaran Satlantas Polres Jembrana tidak hanya menggencarkan edukasi terkait kepatuhan berlalulintas. Tetapi juga menekankan kedisiplinan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 khususnya pemakaian masker.

Seperti dilaksanakan pada Selasa (16/11). Memasuki hari kedua Operasi Zebra Agung 2021, Unit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Satlantas Polres melakukan kegiatan pembinaan dan penyuluhan (binluh) di traffic light simpang Wibisana, Kecamatan Jembrana. Dalam kegiatan binluh yang digelar di persimpangan sebelah Pasar Umum Negara ini, petugas memberikan imbauan tentang keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamselrincar Lantas) serta prokes.

Di samping memberikan imbauan dengan pengeras suara, juga dilakukan secara langsung kepada sejumlah pengendara. Selain itu, spanduk imbauan agar mematuhi rambu-rambu lalu lintas juga dibentangkan di lokasi tersebut. Termasuk ditunjukkan sejumlah pamflet yang berisi imbauan memastikan kelengkapan masker sebelum berkendara. Di sela-sela kegiatan itu, juga dilakukan pembagian masker, brosur, dan stiker.

Kasat Lantas Polres Jembrana AKP Dewa Gede Ariana yang turun langsung dalam kegiatan tersebut mengatakan, dalam Operasi Zebra tahun ini dilakukan upaya-upaya persuasif dan humanis. Untuk penindakan berupa tilang, juga dilakukan ketika ada pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas. “Kami tetap kedepankan tindakan persuasif. Tetapi apabila ada yang membandel, akan kami tilang,” ujar AKP Ariana.

Di samping ketertiban berlalulintas, AKP Ariana mengatakan, juga tetap mengingatkan terkait prokes di masa pandemi Covid-19. Lokasi kegiatan serangkaian Operasi Zebra ini juga akan menyasar tempat-tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan. “Kami tetap imbau untuk selalu menjalankan prokes. Baik menggunakan masker termasuk menghindari kerumunan. Ini tetap kami ingatkan dengan harapan pandemi segera berakhir,” tandas AKP Ariana. *ode

Komentar