nusabali

Bupati Suwirta Berjanji Atasi Sampah di Nusa Penida

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-berjanji-atasi-sampah-di-nusa-penida

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta berjanji untuk mengatasi persoalan sampah di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung.

Karena pulau dengan pelbagai potensi alam ini  sebelum pandemi Covid-19, sempat mampu mengundang 12.000 wisatawan per hari.  "Saya tidak akan pernah mengubah komitmen saya dalam memerangi sampah. Saya akan membuat sebuah sistem pengolahan sampah yang baik sehingga bisa diteruskan oleh pemimpin Klungkung selanjutnya," tegas Bupati Suwirta, saat menghadiri Workshop ke-2, Pre-Selection of Investment Projects for The Pipeline of The Indonesian - German Green Infrastructure Initiative (GII) di Hotel Wyndam Tamansari Jivva Resort, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Selasa (16/11). Workshop ini dilaksanakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI.

Bupati Suwirta mohon dukungan kepada seluruh pemangku kebijakan baik di pusat maupun di daerah untuk mengatasi persoalan sampah di Klungkung. "Selanjutnya saya akan bergerak ke Nusa Penida," ujar Bupati Suwirta.

Workshop berlangsung empat hari, 15 - 18 November, membahas ajuan proyek-proyek dari empat provinsi mitra GII, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Proyek dimaksud terkait dengan pengelolaan sampah padat.

Bupati Suwirta memaparkan sejumlah tantangan dalam menangani sampah di Klungkung sejak mulai menjabat bupati. TPA Sente di Desa Pikat, Kecamatan Dawan, sudah overload, hingga dirinya harus melakukan pelbagai cara menangani sampah. Mulai dari pembangunan bank sampah, ecobrick, dan teknologi tempat olah sampah setempat (TOSS). Bekerja sama dengan STT PLN, Pemkab Klungkung membangun TOSS dan sukses masuk dalam Top 40 Inovasi Pelayanan Publik. Dukungan mulai datang dari BUMN, dan pihak swasta memberikan bantuan alat dan mesin pengolahan sampah. Banyak pihak menawarkan metode pengolahan sampah model baru, namun dirinya lebih yakin dengan TOSS Center. ‘’Sehingga kami cetuskan program 100 persen TOSS desa," ujar Bupati Suwirta.

Sebelum mengikuti kegiatan workshop, Bupati Suwirta mengajak beberapa peserta workshop dari Kementerian untuk mengamati proses pengolahan sampah di TOSS Center, Banjar Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung. *wan

Komentar