nusabali

Operasi Zebra Agung Fokus Tangani Covid-19

  • www.nusabali.com-operasi-zebra-agung-fokus-tangani-covid-19

DENPASAR, NusaBali
Operasi Zebra Agung yang digelar 15-28 November 2021 fokus menangani Covid-19 di samping menekan akan kecelakaan lalu lintas.

Operasi yang digelar selama dua minggu tersebut dalam rangka cipta kondisi menjelang liburan Natal 2021 dan tahun baru 2022. Khusus Polda Bali selain Polres/Polresta jajaran mengerahkan 245 personil.

Hal ini disampaikan dalam sambutan Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra yang dibacakan oleh Wakapolda Bali Brigjen Pol Drs I Ketut Suardana dalam apel gelar pasukan di lapangan Mapolda Bali Jalan WR Supratman Nomor 7 Denpasar, Senin (15/11) pagi. Dikatakan pada saat ini pemerintah tengah fokus menangani Covid-19. Jawa dan Bali masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Pembatasan kegiatan masyarakat dilakukan sebagai upaya antisipasi dalam mencegah penyebaran Covid-19.  Namun dalam pelaksanaannya perlu adanya antisipasi guna memperlancar situasi kamseltibcarlantas yang sesuai dengan penerapan protokol kesehatan.

Berdasarkan data dari direktorat lalu lintas polda bali, jumlah kecelakaan lalu lintas pada operasi zebra tahun 2020 dibandingkan dengan tahun 2019 cenderung mengalami penurunan. Kecelakaan lalu lintas juga merupakan bahaya nyata yang dapat merenggut nyawa sehingga harus diantisipasi.

"Jadi untuk Zebra tahun ini di fokuskan kepada penegakkan disiplin prokes. Namun demikian tetap ada penindakkan yang prioritas," tutur Dirlantas Polda Bali Kombes Pol Prianto seusai apel gelar pasukan yang dihadiri oleh Dan Pomdam IX/Udayana Kolonel CPM Dermawan Agus Irianto, Kabid Lalu Lintas Jalan Dishub Bali I Nyoman Sunarya, Kasat Pol PP Provinsi Bali I Dewa Nyoman Rai Dharmadi dan lainnya.

Hal yang jadi prioritas dalam oeprasi ini kata Kombes Prianto yakni berkendara melawan arus, menggunakan handphone saat berkendara, dan kelengkapan surat-surat kendaraan. "Tetapi pada prinsipnya kita lebih cenderung kepada penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19," ungkapnya.

Lokasi operasi digelar di seluruh Bali. Tidak ada lokasi tertentu yang menjadi target. Kombes Prianto mengatakan operasi ini sifatnya mobile untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat.

"Kami mengimbau kepada masyarakat tolong tertib lalu lintas dan jangan lupa tetap menjaga Prokes. Jangan euforia berlebihan karena Covid-19 mereda. Jangan lengah. Ingat, Covid-19 masih ada," ajaknya. *pol

Komentar