nusabali

Akhir Tahun, Pengerjaan Proyek Dikebut

  • www.nusabali.com-akhir-tahun-pengerjaan-proyek-dikebut

SEMARAPURA, NusaBali
Rekanan penggarap proyek pemerintah punya waktu  kerja tinggal sebulan lagi. Karena 1,5 bulan lagi akan menapak tahun 2022.

Oleh karena itu, pengerjaan proyek mesti dikebut dengan tanpa mengabaikan kualitas dan kuantitas pekerjaan. Hal itu terungkap saat Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta menggelar sidak proyek fisik pada sejumlah tempat di Klungkung, Senin (15/11) pagi. Sidak tersebut guna memastikan pekerjaan bisa diselesaikan tepat waktu dan dengan kualitas pekerjaan yang baik.

Wabup Kasta didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PUPRKP) I Made Jati Laksana, dan Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Klungkung Nyoman Sidang.

Proyek yang disasar, di antaranya pekerjaan penataan perbatasan Klungkung - Karangasem, di kawasan Pantai Belatung, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan. Proyek senilai Rp 1,7 miliar ini realisasinya telah mencapai 44,79 persen dari target yakni 41,79 persen.

Konsultan proyek Komang Kasta Mulia Jaya dari CV Jaya Desain, mengaku sempat menghadapi kendala dengan pasir pantai yang selalu bergerak saat dilakukan pekerjaan, namun hal itu bisa diatasi. "Mudah-mudahan terkejar sampai bulan Desember, dan selesai sesuai dengan kualitas yang diinginkan, bukan asal asalan." tegas Wabup Kasta.

Wabup Kasta memerintahkan para pengawas dan konsultan proyek lebih sering turun ke lapangan untuk memeriksa pekerjaan. Sehingga akan lebih efektif dalam menjaga kualitas pekerjaan dan bahan.

Rombongan juga meninjau proyek tiga unit bantuan peningkatan kualitas rumah secara swadaya di pemukiman kumuh Desa Tegak, Kecamatan Klungkung, dengan metode swakelola senilai Rp 440 juta. Dengan realisasi telah mencapai 80 persen, proyek rehabilitasi ruang kelas SDN 1 Akah, Kecamatan Klungkung, senilai Rp 285 juta dengan realisasi mencapai 92,63 persen.

Sidak juga menyasar proyek rehabilitasi peningkatan jaringan irigasi di Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, senilai Rp 1,2 miliar dengan realisasi mencapai 100 persen. Pembangunan ruang perpustakaan SDN 1 Banjarangkan senilai 154,921,111 yang telah mencapai 100 persen, serta pembangunan Balai Subak Pegatepan Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung, senilai Rp 186,224,962 juga dengan realisasi 100 persen.*wan

Komentar