nusabali

Curah Hujan Tinggi, Mobil Terjebak Genangan di Blahbatuh

  • www.nusabali.com-curah-hujan-tinggi-mobil-terjebak-genangan-di-blahbatuh

GIANYAR, NusaBali.com - Intensitas curah hujan cukup tinggi di Kabupaten Gianyar, terutama di wilayah Kecamatan Blahbatuh akhir-akhir ini menyebabkan beberapa ruas jalan menjadi tergenang air dan berlumpur.

Alhasil sebuah mobil yang merupakan kendaraan dinas milik Desa Saba terjebak di genangan di sekitar wilayah parkir Pura Dalem Desa Adat Blangsinga pada Sabtu (13/11/2021). 

Meskipun warga sudah berupaya mengupayakan proses evakuasi kendaraan tersebut, namun genangan air dan lumpur yang cukup dalam membuat mobil tetap sulit didorong.

Beruntung Pasukan Reaksi Cepat (PRC) Polsek Blahbatuh yang dipimpin oleh Wakapolsek Blahbatuh AKP I Made Sunarta dan Kanit Samapta AKP I Dewa Nyoman Suana sedang melakukan patroli dan langsung membantu proses evakuasi kendaraan.

Personel PRC mengeluarkan tali sling baja dari dalam mobil dinas berkode Kijang 962, lantas bersama masyarakat bahu-membahu memasang tali, mendorong dan menarik dengan aba-aba yang diberikan melalui pengeras suara. Hanya perlu waktu lima menit, mobil berhasil dikeluarkan dari jebakan lumpur.

Bendesa Adat Blangsinga I Made Artawa yang berada di lokasi mengatakan  bahwa mobil yang terjebak tersebut merupakan kendaraan milik Desa Saba yang digunakan untuk mengangkut sarana prasarana upacara dalam rangka piodalan di Pura Dalem Adat Blangsinga, Minggu (14/11/2021). “Kami sangat berterima kasih atas bantuan Polsek Blahbatuh sehingga kendaraan angkutan yang kami sangat perlukan dapat dikeluarkan dari genangan air,” ucapnya.

Sementara itu Kapolsek Blahbatuh AKP Yoga Widyatmoko membenarkan pelayanan yang dilakukan oleh personelnya. “Mobil dinas PRC unit Samapta memang dilengkapi dengan perlengkapan pertolongan pertama seperti tali sling baja yang memang sangat berguna dalam memberikan bantuan kepada masyarakat, contohnya seperti mobil yang terjebak di genangan air tersebut,” jelasnya.

Menyikapi cuaca penghujan saat ini, AKP Yoga Widyatmoko menambahkan bahwa perlengkapan pertolongan mengantisipasi bencana tetap disiagakan di setiap kendaraan patroli personel Polsek Blahbatuh, dan mengharapkan masyarakat untuk tetap waspada saat melakukan aktivitas sehari-hari. “Dalam melaksanakan kegiatan di musim penghujan saat ini, tentunya kewaspadaan agar lebih ditingkatkan,” tandasnya. *rma

Komentar