nusabali

Ducati Kuasai Kualifikasi di Valencia

  • www.nusabali.com-ducati-kuasai-kualifikasi-di-valencia

VALENCIA, NusaBali
Ducati menguasai sesi kualifikasi MotoGP Valencia yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Sabtu (13/11) malam.

Ya, rider Ducati Desmosedici menempati posisi tiga besar. Rider tim satelit Pramac Racing, Jorge Martin secara fantastis meraih pole position. Dia membukukan catatan waktu 1 menit 29,936 detik.  Hasil itu pole position keempat bagi pembalap asal Spanyol tersebut. Adapun posisi kedua dan ketiga diisi Francesco Pecco Bagnaia dan Jack Miller.

Hasil cukup positif juga didapat Valentino Rossi dari Petronas Yamaha SRT, yang berada di posisi sepuluh dengan gap 0,810 detik dari peraih pole position. Balapan kali ini juga sesi kualifikasi terakhir Rossi di ajang MotoGP. Usai MotoGP Valencia, dia pensiun. Start ke-10 membuka peluang Rossi meraih hasil bagus pada balapan final.

Pada Q1 kualifikasi , rider Suzuki, Alex Rins dan KTM, Brad Binder yang menempati posisi 1-2. Alhasil keduanya lolos ke Q2. Sedangkan Andrea Dovizioso dan Maverick Vinales nyaris lolos ke Q2 setelah hanya finis posisi 3-4 pada Q1.

Jack Miller juga unjuk gigi pada Q2. Dia membukukan 1 menit 30,479 detik hanya di run 1. Lap tersebut yang tercepat sepanjang rangkaian MotoGP Valencia.

Run 1 pertama ditutup trio Ducati, Jack Miller, Jorge Martin dan Pecco Bagnaia di posisi 1-3. Menariknya, catatan waktu Jack Miller dan Jorge Martin di posisi pertama sama.

Pada fase ini, Rossi  di posisi sebelas. Run 2, giliran Pecco Bagnaia unjuk kebolehan. Dia mencatat 1 menit 30,118 detik untuk menempati posisi pertama dan kemudian mempertajamnya lagi ke angka 1 menit 30,000 detik.

Tidak lama, Pecco Bagnaia kecelakaan yang membuat bendera kuning berkibar. Tapi pada momen akhir, Jorge Martin secara fantastis menutup kualifikasi dengan torehan pole position.

Martin mencatat 1 menit 29,936 detik sekaligus jadi pembalap pertama yang tembus 1 menit 29 detik pada MotoGP Valencia. Lalu Rossi mengakhiri kualifikasi di posisi sepuluh. *

Komentar