nusabali

Cek Proyek PJU, Unit Tipikor Temukan Perbedaan

  • www.nusabali.com-cek-proyek-pju-unit-tipikor-temukan-perbedaan

BANGLI, NusaBali
Unit Tipikor Sat Reskrim Polres Bangli mengecek proyek penerangan jalan umum (PJU) di wilayah Kota Bangli, Jumat (12/11).

Tim mengambil sampel di Kelurahan Cempaga. Dari pengecekan beberapa sampel, petugas menemukan perbedaan kedalaman pondasi PJU dan jarak kolom besi. Kanit Tipikor Polres Bangli Ipda Wayan Dwipayana menegaskan, pengecekan untuk memastikan pengerjaan sudah sesuai spesifikasi yang ada dalam kontrak.

Ipda Wayan Dwipayana menjelaskan, kegiatan baru pada tahap pengerjaan pondasi untuk penyangga tiang PJU. Anggota Unit Tipikor mengambil sejumlah sampel. Dari pengukurun yang dilakukan di setiap sampel, ternyata ada perbedaan kedalaman lubang dan jarak kolom. Kedalaman lubang bervariasi antara 130 cm sampai 150 cm, begitu juga jarak kolom ada yang 20 cm, ada juga jaraknya 22 cm. “Ada perbedaan ukuran dari sampel yang kami ambil. Kami masih kroscek spesifikasi yang ditetapkan dalam kontrak,” jelas Ipda Wayan Dwipayana.

Sebelumnya, Kabid Teknik Sarana Prasarana Dinas Perhubungan Bangli, Anak Agung Gde Hartawan mengatakan, pemasangan tiang dan instalasi PJU melalui proses tender. Pemenangnya PT Cahaya Nirmala dengan nilai kontrak Rp 4.135.972.494. Pengadaan lampu lewat e-katalog dengan anggaran Rp 800 juta untuk 200 buah lampu jenis LED. PJU nantinya menggunakan ornamen Bali dan sesuai pakem Bangli. *esa

Komentar