nusabali

Vaksinasi DT dan Td Sasar Siswa SD di Denpasar Selatan

  • www.nusabali.com-vaksinasi-dt-dan-td-sasar-siswa-sd-di-denpasar-selatan

DENPASAR, NusaBali
Puskesmas IV Denpasar Selatan (Densel) memberikan vaksinasi Tetanus Difteri (Td) dan Vaksin Difteri Tetanus  (DT) kepada siswa di SD Al-Azhar Syifa Budi, Kelurahan Pedungan, Denpasar Selatan, Jumat (12/11).

Pemberian vaksinasi tersebut untuk meningkatkan, penguatan, serta kekebalan imun tubuh anak terhadap penyakit menular dalam rangkaian Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dengan menyasar siswa siswi SD .

Kepala Puskesmas IV Denpasar Selatan, drg Made Saraswati Rahayu saat diwawancarai, mengatakan pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan setiap Bulan November terkait Surat Edaran Nomor HK.02.02/I/2072/2021 tentang penguatan Penguatan Imunisasi Rutin dan Pelaksanaan Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (Bias).

Hal ini dalam upaya pencegahan terhadap penyakit menular lainnya yang berbahaya, seperti Difteri, Tetanus dan penyakit-penyakit lainnya yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I). Lebih lanjut dikatakannya, Kegiatan BIAS kali ini dilaksanakan di SD AL-Azhar Syifa Budi menyasar siswa kelas 1, 2 dan, 5 dengan diberikan Vaksin DT dan Td.

“Adapun hasil dari kegiatan imunisasi kali ini terdapat 10 anak yang sudah melaksanakan imunisasi DT dan 17 anak yang sudah melaksanakan imunisasi Td. Sehingga untuk siswa siswi yang belum mendapatkan imunisasi ini agar para orangtua segera membawa anaknya ke puskesmas untuk mendapatkan pelayanan imunisasi ini," ujarnya.

Walau belum 100 persen siswa tervaksin kali ini, namun dia mengatakan akan tetap melakukan sweeping setelah semua jadwal terselenggara. Dia berharap ke depannya dengan dilaksanakan pemberian vaksinasi kepada anak-anak ini agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak terhadap infeksi kuman difteri maupun tetanus, serta memiliki derajat kesehatan yang optimal.

Menurut Made Saraswati Rahayu, pelaksanaan kegiatan BIAS ini dilaksanakan selama 6 hari yang dimulai dari SD Al-Azhar Syifa Budi, tanggal 15 November 2021, SD 5 Pedungan, tanggal 16 November 2021, SD 14 Pedungan, tanggal 24 November 2021, SD 7 Pedungan, tanggal 26 November 2021, SD 10 Pedungan, dan terakhir tanggal 27 November 2021, di SD 2 Pedungan. *mis

Komentar