nusabali

Baksos di Pantai Pering, Polairud Polres Gianyar Gandeng Trash Hero Indonesia

  • www.nusabali.com-baksos-di-pantai-pering-polairud-polres-gianyar-gandeng-trash-hero-indonesia

GIANYAR, NusaBali.com –  Menyongsong HUT Polairud (Polisi Perairan dan Udara) ke-71 pada 1 Desember 2021, Polairud Polres Gianyar berkolaborasi bersama Trash Hero Indonesia mengadakan bakti sosial dengan konsep Tri Hita Karana di Pantai Pering, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar.

Sebanyak 40 peserta memulai baksos pada Jumat (12/11/2021) pagi dengan melakukan persembahyangan dipimpin Ida Pandita Mpu Agni Gunadharma di sebuah balai Pantai Pering.  Setelah itu dilanjutkan kegiatan malukat di bibir Pantai Pering sebelum akhirnya peserta baksos membersihkan areal Pantai Pering dari sampah plastik.

“Kami di sini mengedukasi masyarakat agar memiliki rasa empati dalam menjaga kondisi lingkungan agar terbebas dari bahaya sampah plastik,” kata Ketua Trash Hero Indonesia,  I Wayan Aksara.

Tuntas bersih-bersih, peserta menuju penangkaran tukik di Pantai Saba. Pelepasan tukik dimaksudkan  sebagai upaya menjaga ekosistem biota laut. “Karena ini perayaan HUT Airud ke 71, maka hari ini kami melepas 71 ekor tukik,” ungkap Kasat Polairud Polres Gianyar, Iptu I Wayan Antariksawan.

Di akhir acara baksos, dilakukan penyerahan paket sembako  berisikan 5 kg beras, 1,5 liter minyak, dan 1 kg gula pasir bagi  3 petugas kebersihan Pantai Pering, dan 10 relawan penangkaran tukik di Pantai Saba . “Pemberian paket sembako ini sebagai sebuah penghargaan atas dedikasi yang ditunjukkan petugas kebersihan dan relawan penangkaran tukik dalam rangka turut menjaga kebersihan serta kelestarian lingkungan,” kata Antariksawan. *rma

Komentar