nusabali

4 Siswa SMP Karangasem Berlaga di KSN Nasional

  • www.nusabali.com-4-siswa-smp-karangasem-berlaga-di-ksn-nasional

AMLAPURA, NusaBali
Sebanyak 4 siswa SMP dari Karangasem berlaga di KSN (Kompetisi Sains Nasional) Tingkat Nasional 2021 secara virtual. Lomba KSN diikuti 2 siswa SMPN 2 Amlapura dan 2 siswa SMPN 5 Amlapura dari sekolah masing-masing, Senin-Selasa (8-9/11).

Dua siswa SMPN 5 Amlapura ikut lomba mata pelajaran IPS. Sementara dua siswa SMPN 2 Amlapura ikut mata pelajaran IPA dan matematika.

Guru Pembina SMPN 5 Amlapura, Made Dewi Libra Oktavia mengatakan, kedua siswanya ikut lomba IPS dari Ruang Perpustakaan SMPN 5 Amlapura. Materi soal dikirim panitia pusat, diakses melalui aplikasi KSN via HP. Siswa mengerjakan soal-soal dipantau kamera terhubung ke pusat. Dua siswi SMPN 5 Amlapura yang ikut lomba yakni Ni Wayan Anggota Putri dan Ni Gusti Putu Intan Padmayanti. “Lomba berjalan lancar, semoga hasilnya optimal,” harap Dewi Libra, Kamis (11/11). Ada tiga kriteria penilaian, menjawab soal pilihan jamak, menjawab soal dengan uraian, dan tes observasi.

Tes observasi, siswa membuat video dengan tema yang telah ditentukan panitia. Tema yang diambil tentang cagar budaya dan wisata. Video yang digarap wajib mengangkat permasalahan dan solusi yang ditawarkan dengan durasi 3-5 menit. Sementara dua siswa SMPN 2 Amlapura, I Kadek Giriana Arwiwa Dinata lomba mata pelajaran IPA dan I Made Sankhya Sutayana mata pelajaran Matematika. Kasek SMPN 2 Amlapura I Wayan Gede Suastika mengatakan, para siswa telah melakukan persiapan lomba KSN selama sebulan penuh. “Semoga siswa kami meraih hasil optimal,” harap Suastika. Peserta lomba KSN nasional untuk mata pelajaran matematika, IPA, dan IPS sebanyak 245 siswa. *k16

Komentar