nusabali

Calon Haji Mulai Mendaftar Naik Haji

  • www.nusabali.com-calon-haji-mulai-mendaftar-naik-haji

AMLAPURA, NusaBali
Para calon haji mulai mendaftar di Kantor Kementerian Agama Karangasem, berharap bisa berangkat naik haji tahun 2022.

Pada tahun 2020 dan tahun 2021 calon haji batal berangkat ke tanah suci. Kasi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Karangasem, Asmuni, mengatakan pendaftaran naik haji rutin setiap tahun. Calon haji juga dapat bimbingan dan pembinaan teknis naik haji. Batalnya keberangkatan calon haji tahun 2020 dan tahun 2021 karena pandemi Covid-19 dan Pemerintah Arab Saudi belum memberikan izin.

Asmuni berharap tahun 2022 calon haji bisa berangkat ke tanah suci dan dapat tambahan kuota berangkat dari Karangasem. Kemenag Karangasem melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh menggelar rekrutmen calon petugas haji dan umroh pada tahun 2020 dan 2021. Sebanyak 13 peserta ikut seleksi menggunakan CAT (computer assisted test) secara online melalui aplikasi HP android di Penginapan Kembang Remaja, Jalan Nenas Amlapura, Selasa 4 Februari 2020. Sedangkan yang dicari 9 orang sesuai ranking. “Pelaksanaan CAT dikoordinasikan Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Ahmad Sadat,” jelas Asmuni, Senin (8/11).

Asmmuni belum mengetahui jatah yang diberikan pemerintah untuk tahun 2022. “Kami tetap berharap agar jatah calon haji tahun 2020 bisa diberangkatkan ditambah jatah yang baru,” ungkap Asmuni. Keberangkatan naik haji tahun 2022 bisa terlaksana jika pandemi Covid-19 semakin landai, tidak disertai munculnya kasus baru. Sehingga para calon haji bisa berangkat dengan nyaman. “Calon haji yang menunggu keberangkatan itu, sebenarnya mesti antre selama 15 tahun,” jelas Asmuni. *k16

Komentar