nusabali

Jelang Galungan, Pelabuhan Kusamba Padat

  • www.nusabali.com-jelang-galungan-pelabuhan-kusamba-padat

SEMARAPURA, NusaBali
Pelabuhan tradisional di Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, dipadati penumpang yang menyeberang melalui Pantai Kusamba ke Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Senin (8/11) pagi.

Para penumpang sebagian besar warga Nusa Penida pulang kampung,  jelang Hari Suci Galungan, Buda Kliwon Dunggulan, Rabu (10/11).

Pada Senin pagi kemarin, ada 9 penyebrangan (trip) dari Kusamba - Nusa Penida. "Jika normal hanya 6 keberangkatan," ujar petugas loket di Pelabuhan Tribhuana, Kusamba Ni Wayan Jeni, Senin (8/11). Jeni memperkirakan lonjakan penumpang akan terjadi pada Selasa (9/11) ini. Bahkan, diprediksi mencapai 20 kali trip. "Kalau Hari Raya Galungan lalu, puncaknya itu sehari bisa sekitar 20 kali keberangkatan," ujar Jeni.

Tak hanya itu jasa angkutan barang di Pelabuhan Kusamba juga meningkat menjelang Galungan. Hingga menjelang siang kemarin, para pekerja masih sibuk mengangkut berbagai kebutuhan upacara untuk diseberangkan menuju Nusa Penida menggunakan sampan. Hewan ternak, seperti ayam potong juga diangkut sampan.

Untuk diketahui, beberapa hari bekalangan ini pengangkutan barang ke Nusa Penida meningkat tajam. Karena tidak beroperasinya Kapal Roro KMP Nusa Jaya Abadi milik Pemkab Klungkung dan LCT akibat masih ada perbaikan jembatan di Pelabuhan Nusa Penida.

"Sejak Sabtu (6/11) lalu satu sampan ini terisi penuh dengan berbagai barang menuju Nusa Penida," ujar salah seorang pemilik sampan, Dewa Gede Oka.

Menurutnya angkutan barang dengan sampan, terakhir akan dilakukan, Senin (8/11). Sementara saat Penampahan  Galungan hingga Umanis Galungan, aktivitas penyebrangan barang dengan sampan di Pelabuhan Tribhuana, Kusamba, tidak beroperasi. *wan

Komentar