nusabali

Manfaat Mengkonsumsi Buah-Buahan untuk Kesehatan

  • www.nusabali.com-manfaat-mengkonsumsi-buah-buahan-untuk-kesehatan

Buah-buahan segar merupakan pilihan yang tepat untuk camilan, sarapan atau hidangan penutup. Sebagian besar buah-buahan rasanya manis serta siap disantap tanpa perlu repot-repot memasak atau menyiapkan resep.

JAKARTA, NusaBali.com
Anda bisa memakan buah apel, buah persik,  pisang dan tinggal nikmati saja. Ingatlah selalu agar makan buah-buahan segar yang ada di rumah.

Saat ini, anak-anak mengkonsumsi makanan ringan olahan yang berbahaya bagi kesehatan dan kandungan nutrisi yang buruk. Produk-produk ini banyak mengandung kalori, gula, pewarna buatan dan rasa. Anda bisa meningkatkan kesehatan diri serta keluarga dan mengubahnya dengan mengganti camilan tak sehat dengan buah-buahan. Mengkonsumsi  lebih banyak buah segar bisa membantu anda menjauhi makanan olahan.

Buah-buahan didapatkan dari alam bukan melalui proses pengolahan. Semakin dekat bahan makanan dengan alam maka semakin baik untuk kesehatan. Buah-buahan hanya megandung lemak yang sedikit, kalori yang rendah serta memiliki nutrisi penting yang dibutuhkan oleh anak untuk tumbuh. Buah-buahan membantu melindungi anak dari berbagai penyakit. 

Agar lebih meyakinkan, berikut ini manfaat buah-buahan untuk kesehatan. 

Manfaat Konsumsi Buah-Buahan bagi Kesehatan 

Beberapa manfaat kesehatan dari konsumsi buah antara lain: 

1. Menurunkan Resiko Penyakit

Makan buah setiap hari dari distributor buah segar menurunkan resiko banyak sekali penyakit. Sulit untuk menyebutkan semuanya. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah menurunkan resiko penyakit jantung. Penyakit jantung adalah salah satu penyakit pembunuh yang paling berbahaya. Tidak hanya menurunkan resiko penyakit jantung, makan buah utuh juga bisa membantu menurunkan resiko diabetes tipe 2. 

Buah juga bisa membantu mengontrol tekanan darah anda, menurunkan resiko terkena kanker tertentu dan  masih banyak lagi. Jadi makan lebih banyak buah membuat seseorang hidup lebih lama dan lebih sehat. 

2. Memperkuat Tubuh 

Sebagai bagian dari diet, buah bisa memperkuat tulang dan otot. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi buah plum kering bisa mencegah terjadinya osteoporosis. Alpukat juga bagus untuk memperkuat tulang. Studi lain menunjukkan bahwa vitamin C bisa membantu anda untuk mempertahankan massa otot. 

3. Kandungan Air dalam Buah Membantu Tetap Terhidrasi
 
Buah-buahan tertentu dari supplier buah segar memiliki kandungan air yang sangat tinggi dimana ini bisa membantu menjaga seluruh tubuh tetap terhidrasi. Meskipun air putih memang minuman yang terbaik namun makan lebih banyak buah bisa memenuhi  kebutuhan harian khususnya kalau anda bukanlah penggemar makanan biasa. 

Semangka adalah salah satu pilihan buah yang jelas untuk membuat anda terhidrasi sesuai dengan namanya.  Selain itu, strawberry juga memiliki kandungan air sekitar 92%. Grapefruit dan blewah juga terdiri dari 90% air. Apel bahkan menjadi pilihan yang baik dengan kandungan air sebesar 86%.

Jenis-Jenis Buah dan Manfaatnya


4. Kandungan Antioksidan Bisa Memerangi Radikal Bebas 

Radikal bebas adalah atom kecil yang tidak stabil yang membuat kita bisa menua dengan lebih cepat, merusak sel-sel yang sehat dan bahkan menyebabkan kanker. Antioksidan adalah zat yang membantu untuk melawannya. Sedangkan semua buah dari supplier buah import memiliki kandungan antioksidan dalam tingkatan tertentu. Buah-buahan yang matang mengandung banyak antioksidan menurut penelitian ini. 

5. Kaya Serat dan Membantu Tubuh Tetap Bugar
 
Salah satu manfaat terbesar buah adalah banyak kandungan serat di dalamnya. Ini akan membantu mengurangi  kadar kolesterol darah.  Pada gilirannya, ini akan menurunkan resiko penyakit jantung. Serat juga sangat penting untuk kesehatan usus. Ini membantu anda  tetap bisa buang air besar dengan teratur yang bisa mencegah masalah seperti wasir, sembelit dan divertikulosis. 

Makanan tinggi serat dan rendah kalori juga bisa membantu anda untuk menurunkan berat badan atau mempertahankannya karena membuat anda bisa merasa kenyang lebih lama. Buah-buahan bisa membantu mengontrol gula darah, yang bisa membantu anda makan lebih sedikit junkfood sepanjang hari. 

6. Kaya Nutrisi dan Memberikan Vitamin Mineral
 
Tubuh membutuhkan banyak sekali vitamin dan mineral yang berbeda untuk tetap sehat dan terus berjalan. Beberapa nutrisi tersebut seperti kalsium dan potasium sangat penting untuk keberlangsungan hidup kita.  Liver kita membutuhkan natrium dan kalium terus bekerja. Buah-buahan seperti alpukat, buah ara, persik dan kiwi kaya dengan potasium. 

Hampir seluruh vitamin bisa ditemukan pada berbagai buah. Hal yang sama berlaku untuk mineral. Itu adalah berita bagus mengingat banyak orang mengalami kekurangan vitamin. Zat besi adalah kandungan mineral nomor satu dimana ada banyak orang yang merasa kekurangan. Buah jeruk juga menjadi sumber mineral yang baik. 


7. Membuat Kulit Lebih Glowing
 
Kulit glowing menjadi dambaan banyak orang, khususnya kaum perempuan. Radikal bebas di sekitar kita membuat kita lebih cepat menua. Antioksidan dalam buah membantu memerangi hal tersebut sedangkan kandungan airnya bisa menghidrasi kulit kita sampai ke luar. Buah-buahan dengan kandungan lemak yang sehat seperti alpukat sebenarnya bisa membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari. 

Anda tentunya masih perlu menggunakan sun scren namun akan jauh lebih baik kalau punya sedikit cadangan untuk melawan sinar UV. Buah-buahan yang kaya vitamin C juga bagus untuk kulit karena bisa membantu tubuh memproduksi lebih banyak kolagen. 

8. Meningkatkan Kekuatan Otak 

Buah juga bisa meningkatkan kekuatan otak. Karena buah-buahan menjadi penguat otak yang sangat hebat, penelitian pada tahun 2012 menunjukkan bahwa buah beri sangat bermanfaat. Menurut para peneliti ada bukti ilmiah yang kuat bahwa konsumsi blackberry, blueberry, strawberry dan buah berry lain menguntungkan otak dan bisa membantu mencegah kehilangan memori terkait usia dan perubahan lainnya. 

FAQ 

Apa semua buah memiliki kandungan nutrisi untuk tubuh?
-Biasanya semua buah mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh. 

Apa saja manfaat buah-buahan untuk tubuh kita? 
-Sebagai sumber vitamin, sumber air dan gizi, serta sumber antioksidan. 

*)Konten ini dibuat oleh Core Freelancers, jasa pembuatan website untuk berbagai jenis bisnis. 

Komentar