nusabali

Bupati Suwirta Datangi 3 Kementerian

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-datangi-3-kementerian

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mendatangi untuk koordinasi tugas ke tiga kementerian di Jakarta, Kamis (4/11).

Kedatangan ini sebagai upaya jemput bola bidang pendanaan program kegiatan untuk Kabupaten Klungkung tahun 2022.

Kunjungan pertama ke Kementerian Perdagangan RI. Bupati diterima Dirjen Perdagagan Dalam Negeri Oke Nurwan, di antaranya membahas usulan revitalisasi Pasar Semarapura. Bupati Suwirta menyampaikan usulan revitalisasi Pasar Semarapura agar dapat di anggarkan melalui APBN tahun 2022. Kondisi Pasar Semarapura dari aspek kelayakan teknis sudah tidak memadai dan perlu segera direvitalisasi demi kenyamanan, keamanan dan estetika. Usulan ini sudah sempat dikaji oleh tim pusat tahun 2021, namun belum mendapat anggaran.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan menyampaikan, pasar rakyat yang ditangani sesuai usulan melalui sistem informasi pasar rakyat (SIPR). Kemudian besaran pendanaan masing masing kegiatan maksimal Rp 12 miliar. Apabila anggaran yang dibutuhkan melebihi Rp 12 miliar,

namun memenuhi kriteria dan dipandang strategis, maka akan diusulkan melalui Kementerian PUPR. "Untuk usulan pasar rakyat tahun 2023, sudah dapat diinput melalui SIPR sejak Januari 2022," ujar Oke Nurwan.

Kunjungan kedua, ke Kementerian Bappenas. Bupati diterima oleh Direktur Perencanaan dan Pengembangan Proyek Infrastruktur Prioritas Nasional, Bappenas, Taufik.

Bupati Suwirta kembali memaparkan potensi Kabupaten Klungkung, terutama kepulauan Nusa Penida dengan berbagai kebijakan pemerintah pusat yang melekat. Ada sekitar sembilan kebijakan nasional untuk Nusa Penida, diantaranya sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan Kawasan Prioritas Perdesaan Nasional (KPPN).

Bupati Suwirta berharap dari sekian konstelasi kebijakan nasional melekat untuk Kecamatan Nusa Penida, maka upaya membangun potensi wilayah ini dapat bergerak dengan lancar. Namun perlu dukungan nyata pemerintah pusat. “Beberapa usulan sudah sempat dibahas tahun tahun sebelumnya, namun belum mendapatkan tindak lanjut,”, papar Bupati Suwirta.

Direktur Perencanaan dan Pengembangan Proyek Infrastruktur Prioritas Nasional, Bappenas, Taufik, menyampaikan pendanaan program kegiatan menggunakan skala prioritas. Prosedur mekanisme pengusulan melalui kementerian teknis pengampu perlu dicermati dan diikuti.

Kunjungan ketiga yaitu ke Kementerian Sosial. Bupati diterima Dirjen Penanganan Farkir Miskin Asep Sasa Purnama. Koordinasi kali ini terkait program pengentasan kemiskinan melalui penanganan rumah tidak layak huni (Rutihalu). Bupati Suwirta menyampaikan Klungkung siap mendukung dijadikan pilot project program Rutilahu Tahun 2022. *wan

Komentar