nusabali

Dua Siswa SMPN 2 Amlapura Ikut KSN Tingkat Nasional

  • www.nusabali.com-dua-siswa-smpn-2-amlapura-ikut-ksn-tingkat-nasional

AMLAPURA, NusaBali
Dua siswa SMPN 2 Amlapura, I Kadek Giriana Arwiwa Dinata dan I Made Sankhya Sutayana siap tarung di ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat Nasional yang digelar pada 8-9 November 2021.

Lomba digelar secara daring (dalam jaringan). Giriana Arwiwa Dinata lomba mata pelajaran IPA sementara Sankhya Sutayana mata pelajaran matematika. Mereka dibina I Nyoman Parsa dan I Wayan Widnyana.

Kasek SMPN 2 Amlapura, I Wayan Gede Suastika, mengungkapkan lomba IPA menggunakan aplikasi KSN, menjawab soal yang dikirim melalui HP maupun komputer. Sementara soal matematika dikirim melalui HP, siswa menjawab di lembar jawaban secara manual. Jawaban kemudian difoto dan dikirim ke aplikasi KSN. Mengerjakan soal di ruangan tertutup dipantau kamera dan ditayangkan melalui zoom. Tidak boleh ada guru pembina yang mendampingi siswa karena terpantau kamera.

Suastika mengungkapkan, saat simulasi melalui zoom sempat terdengar suara-suara berisik dari peserta lain sehingga sedikit terganggu. Guru pembina I Wayan Widnyana mengaku tidak ada kendala secara teknis jelang lomba. Hanya saja lombanya bertepatan hari penyajaan dan Penampahan Galungan. “Seluruh perangkat komputer telah disiapkan, secara teknis tidak ada kendala,” jelas Widnyana. Dia berharap siswanya mampu meraih hasil optimal, walau persaingan sangat ketat melawan siswa pintar se-Indonesia.

Dari Bali, untuk mata pelajaran matematika meloloskan 10 siswa. Masing-masing I Made Kayana Wira Adnyana dari SMPN 1 Negara, I Made Sankya Sutayana dari SMPN 2 Amlapura, Gede Bagus Artviananta Pradnya Dhefa dari SMP Satu Atap Bunga Mekar Klungkung, Ni Kadek Indah lestari dari SMP Satu Atap Bunga Mekar Klungkung, Calebio Immanuel Stanpo dari SMPN 1 Tabanan, I Putu Dickson Partha Hartopo dari SMPN 3 Denpasar, Putu Wahyu Satya Wiryatama dari SMPN 10 Denpasar, Putu Gede Bayu Eka Pradipta dari SMP Kristen Harapan Denpasar, Bryan Junov Scofield Ramadhan dari SMPN 1 Denpasar, dan Komang Bramantya Putra Wirawan dari SMPN 3 Denpasar. Total yang lolos se-Indonesia sebanyak 245 siswa.

Pada pelajaran IPA, Bali meloloskan 9 siswa. Total se-Indonesia 245 siswa. “Kami siap ikut lomba mata pelajaran IPA. Kami telah melakukan persiapan optimal,” jelas Kadek Giriana. Sementara 9 siswa se-Bali lolos lomba IPA yakni Yumna Haura Indriani dari MTSN 2 Buleleng, Albert Yohannes Li dari SMP Lab Undiksha Singaraja, I Putu Nandana Wira Adnyana dari SMPN 1 Negara, Desak Putu Divya Mahara Pradnyandari dari SMPN 2 Negara, I Kadek Giriana Arwiwa Dinata dari SMPN 2 Amlapura, Ni Komang Tika Pradnyani dari SMPN 1 Selemadeg, Ni Putu Pradnya Candra Dewi dari SMPN 1 Tabanan, Athifa Zahra Hardiono dari SMPN 1 Tabanan, dan Kadek Adrian Prasetya dari SMPN 2 Denpasar. *k16

Komentar