nusabali

Bupati Karangasem Kendalikan Inflasi Jelang Galungan

  • www.nusabali.com-bupati-karangasem-kendalikan-inflasi-jelang-galungan

AMLAPURA, NusaBali
Bupati Karangasem I Gede Dana selaku Ketua TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) Karangasem memimpin rapat HLM (High level Meeting) TPID ke-2 tahun 2021 di wantilan Nawa Satya, Kantor Bupati Karangasem Jalan Ngurah Rai Amlapura, Kamis (4/11).

Bupati mengendalikan inflasi daerah jelang Hari Raya Galungan dan Kuningan dengan menggelar pasar murah di delapan kecamatan. Pasar murah untuk stabilkan harga sehingga masyarakat bisa menikmati harga murah. Pasar murah juga mendorong pemulihan ekonomi nasional melalui peningkatan peran digitalisasi UMKM dengan aplikasi ‘PEKENAN’ (Pemasaran Karangasem Era Baru Prakerti Nadi).

Rapat HLM dihadiri ahli ekonomi perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Donny H Heatubun, Sekda Karangasem I Ketut Sedana Merta, Kabag Operasional Polres Karangasem Kompol I Ketut Suartika Adnyana, dan pimpinan OPD se-Karangasem. Bupati Gede Dana menegaskan, Disperindag mengantisipasi lonjakan harga dan menjaga inflasi di Kabupaten Karangasem jelang hari raya dengan melaksanakan pasar murah di 8 kecamatan. Pasar murah mendapat respons positif dari masyarakat. Pemkab Karangasem juga membuat aplikasi ‘PEKENAN’ untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional.

TPID Award yang dilaksanakan Bank Indonesia dapat membantu TPID Kabupaten Karangasem ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan TPID Award. “OPD terkait agar mendukung kegiatan ini dengan menyiapkan data program unggulan yang dapat membantu mewujudkan keterjangkauan harga, ketersediaan stok, kelancaran distribusi, dan menjalin komunikasi yang efektif,” pinta Bupati Gede Dana. Sementara Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Donny H Heatubun mengapresiasi kegiatan Bupati Karangasem memimpin langsung pengendalian inflasi. Tujuan kegiatan untuk memantau 4 sektor yakni ketersediaan pasokan, stabilitas pasar, distribusi, dan komunikasi. *k16

Komentar