nusabali

Dishub Perketat Pengawasan pada Pengumpan Lokal

Diprediksi Wisatawan Meningkat Saat Nataru

  • www.nusabali.com-dishub-perketat-pengawasan-pada-pengumpan-lokal

DENPASAR, NusaBali
Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa memprediksi saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, wisatawan yang datang ke Kota Denpasar akan meningkat.

Hal itu membuat Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Denpasar akan memperketat pengumpan lokal transportasi baik darat maupun laut. Kepala Dishub Kota Denpasar I Ketut Sriawan, mengatakan pengumpan lokal tersebut ada di darat dan laut. Untuk pengumpan lokal laut, pihaknya akan memperketat pengawasan di kawasan Dermaga Penyeberangan Sanur – Nusa Penida dan Penyeberangan Serangan. Hal itu dilakukan karena kemungkinan wisatawan yang datang ke Bali sebagian memilih menuju Nusa Penida.

“Karena diprediksi wisatawan akan meningkat tentunya kami akan perketat pengawasan laju transportasi. Khususnya pengawasan pada pengumpan lokal di Kota Denpasar, terutama di Penyeberangan Sanur menuju Nusa Penida dan Penyeberangan Serangan,” kata Sriawan, Kamis (4/11).

Selain itu, pihaknya juga akan membangun posko terintegrasi dengan pos Satgas Penanganan Covid-19. Sebab, sampai saat ini upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 masih gencar dilakukan. Dengan posko terintegrasi tersebut, akan mempermudah koordinasi antara petugas Covid-19 dengan jajarannya dalam pengawasan mobilitas wisatawan.

Sriawan menambahkan, untuk saat ini dia masih berkoordinasi dengan pihak terkait khususnya Satgas dan TNI/Polri dalam pengerahan personel yang akan dilakukan. Yang jelas, untuk pengamanan jalur transportasi bagi wisatawan yang menuju Nusa Penida maupun yang menginap di Denpasar sudah sangat siap.

Sebelumnya Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan, kunjungan wisatawan ke Bali khususnya ke Denpasar diprediksi akan melonjak jelang Natal dan Tahun Baru 2022. Selain itu, lonjakan ini juga akan terus bertahan saat awal 2022.

“Kami sempat berdiskusi dengan stakeholder, diprediksi ada lonjakan kunjungan wisatawan saat libur Nataru dan tahun depan juga, karena sudah ada open border wisatawan mancanegara,” kata Wawali Arya Wibawa.

Lonjakan ini tak hanya terjadi pada wisatawan domestik namun juga wisatawan mancanegara. “Seperti kita ketahui, daerah tujuan wisata unggulan saat ini adalah Nusa Penida, juga akses wisatawan ke Gili Lombok, Mandalika. Home base-nya ini ada di Bali dan salah satunya adalah Denpasar,” ujarnya.

“Di daerah tujuan wisata di Denpasar termasuk Pelabuhan Sanur hingga Mertasari sudah dipasangi PeduliLindungi,” imbuh Wawali Arya Wibawa. *mis

Komentar