nusabali

Kapolda Bali Cek Kesiapan 'Sipandu Beradat' di Buleleng

  • www.nusabali.com-kapolda-bali-cek-kesiapan-sipandu-beradat-di-buleleng

SINGARAJA, NusaBali
Kapolda Bali Irjen Pol I Putu Jayan Danu Putra mengecek kesiapan Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat (Sipandu Beradat), pada Kamis (4/11) pagi melalui apel kesiapsiagaan di Lapangan Taman Kota Singaraja.

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana dan Kapolres Buleleng, AKBP Andrian Pramudianto, dan sejumlah pejabat terkait lainnya hadir dalam apel tersebut. Pembentukan Sipandu Beradat diatur dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Bali No. 26 Tahun 2020 tentang Sipandu  Beradat. Pergub ini sejalan dengan Peraturan Kepolisian No. 4 Tahun 2020, tentang Pengamanan Swakarsa dan Peraturan Kepolisian No. 1 Tahun 2021, tentang Pemolisian Masyarakat. Unsur yang dilibatkan adalah Polda Bali, Korem 163/Wirasatya, dan Majelis Desa Adat (MDA) Bali.

Forum Sipandu Beradat di Buleleng dibentuk mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan sampai dengan tingkat Desa Adat. Sipandu Beradat merupakan sistem pengamanan berbasis adat yang berintegrasi dengan komponen keamanan di Desa Adat bersama unsur Polri dan TNI. Tujuannya, untuk menjaga keamanan daerah, krama Bali dan keamanan para wisatawan

Personel yang ditetapkan dalam Sipandu Beradat sendiri mengemban tugas melakukan pengawasan dan tindakan penertiban kramat desa adat. Di antaranya melaksanakan patroli ke tempat-tempat yang berpotensi rawan keamanan dan ketertiban masyarakat, pengamanan terhadap instansi lembaga pemerintahan swasta yang ada di wilayah desa adat.

"Seluruh anggota forum Sipandu Beradat dan Bankamda saya minta agar mengikuti kegiatan strategis ini dengan disiplin dan penuh rasa tanggungjawab. Saya juga harap, kegiatan ini akan dapat menambah pengetahuan dalam melaksanakan tugas di desa adat," pesan Irjen Pol Jayan Danu Putra.

Irjen Pol Jayan Danu Putra juga berpesan kepada Prajuru Desa Adat serta Majelis Adat di semua jenjang baik Provinsi hingga Desa, agar tetap menjaga kondisifitas wilayah Bali pada umumnya dan tetap berkoordinasi dengan pihak TNI dan Polri.

"Anggota inti dari forum Sipandu Beradat agar tetap untuk menjaga keamanan Bali melalui koordinasi dengan aparat keamanan TNI dan Polri, sehingga tidak ada tempat bagi premanisme yang meresahkan masyarakat Bali," pungkas Irjen Pol Jayan Danu Putra.

Usai melakukan apel pengecekan  pembentukan forum Sipandu Beradat dan Bankamda tahun 2021, Kapolda Bali didampingi beberapa pejabat utama Polda Bali dan Kapolres Buleleng melakukan bakti sosial dengan pemberian sembako di panti sosial Tresna Werda Jara Mara Pati di Desa Kaliasem.

Dalam kegiatan bakti sosial ini, Kapolda Bali memberikan sembako berupa tikar plastik sebanyak 5 buah, kasur spon sebanyak 5 buah, kasur lantai 4 buah, selimut besar 12 buah, pakaian bekas 2 karung, gula pasir 1 karung, beras 100 Kg serta beberapa perlengkapan lainnya. *mz

Komentar