nusabali

Kejari Tabanan Musnahkan BB Narkotika, Paling Banyak Shabu-Shabu

  • www.nusabali.com-kejari-tabanan-musnahkan-bb-narkotika-paling-banyak-shabu-shabu

TABANAN, NusaBali
Kejaksaan Negeri Tabanan bersama beberapa instansi melakukan pemusnahan barang bukti perkara narkotika di halaman Kejari Tabanan pada Rabu (3/11).

Barang bukti perkara yang dimusnahkan adalah seluruh barang bukti selama Januari-Oktober 2021. Yang paling banyak adalah barang bukti shabu-shabu dengan total berat 231,35 gram.

Selain shabu, juga ada narkotika jenis lainnya yang dimusnahkan. Diantaranya ekstasi seberat 0,26 gram, ganja seberat 8,57 gram, serta tembakau gorila seberat 2,41 gram. Selain narkotika, barang bukti lainnya seperti alat hisap atau bong, timbangan digital serta korek gas juga dimusnahkan. Seluruhnya dimusnahkan dalam sebuah drum besar.

"Dari pemusnahan ini saya mendapat gambaran ternyata kondisi peredaran narkotika ini banyak sekali. Padahal saya kira di masa pandemi ini menurun tapi justru meningkat. Sehingga peningkatan kasus ini harus kita waspadai," ungkap Sekda Tabanan Sekda, I Gede Susila usai kegiatan tersebut.

Sementara itu, Kasi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan (PB3R) Kejari Tabanan, Anak Agung Gede Hendrawan mengatakan, sebenarnya proses pemusnahan barang bukti ini dilakukan dua kali dalam setahun. Namun karena pandemi, kegiatan dilakukan hanya sekali dan secara sederhana.

"Jadi ini semua pemusnahan bukti dalam perkara tindak pidana umum yang sudah inkrah tahun ini. Periode masa pemusnahan ini adalah untuk Januari-Oktober 2021 ini," jelasnya. Dia melanjutkan, kegiatan pemusnahan barang bukti ini juga dilakukan untuk meminimalisir agar tidak terjadi penyalahgunaan oleh pihak Kejari Tabanan terutama barang bukti narkotika.

Ditambahkan, untuk tahun 2021 menang ada tren peningkatan perkara dari tahun sebelumnya. Jika tahun 2020 lalu periode Januari-Desember ada 30 perkara, namun di tahun 2021 periode Januari-Oktober sudah tercatat 35 perkara. Itupun masih diprediksi meningkat lagi mengingat masih ada dua bulan berjalan di tahun ini. "Jadi masih didominasi oleh sabu-sabu. Kemudian tembakau gorila juga tergolong baru masuk ke Tabanan," tandas Gede Hendrawan. *des

Komentar