nusabali

Kelulusan PPPK Guru SMPN 4 Bebandem Dianulir

  • www.nusabali.com-kelulusan-pppk-guru-smpn-4-bebandem-dianulir

Kasek SMPN 4 Bebandem I Gede Arya menegaskan, Merita Eka Putri gugur karena sistem.

AMLAPURA, NusaBali

Kelulusan Ni Luh Merita Eka Putri sebagai PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) dianulir. Penyebabnya, guru mata pelajaran prakarya ini tidak masuk dapodik (data pokok pendidikan) SMPN 4 Bebandem, Karangasem. Sebab dia jadi guru tetap yayasan SMA Jagadhita Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem. Dengan satu peserta dianulir, maka pelamar yang lulus testing PPPK tinggal 302 pelamar.

Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem, I Wayan Sutrisna, mengingatkan konsekuensi jika tidak masuk dapodik. “Makanya harus memilih salah satu, apakah jadi guru kontrak atau jadi guru tetap yayasan. Tidak mungkin bisa memilih keduanya,” jelas Sutrisna, Selasa (3/11). Sutrisna menjelaskan, awalnya Merita Eka Putri diluluskan. Setelah berlangsung masa sanggah, maka kelulusan guru SMPN 4 Bebandem itu digugurkan, Jumat (29/10).

Pada tes kategori I, lulus sebanyak 302 pelamar. Pelamar yang ikut testing sebanyak 726 pelamar. Sutrisna mengatakan, bagi pelamar yang tidak lulus tes kategori I, masih ada kesempatan ikut testing pada kategori II dan kategori III. Hanya saja jadwal testing untuk kategori II dan kategori III belum ditetapkan. Terpisah, Kasek SMPN 4 Bebandem I Gede Arya membenarkan kelulusan Ni Luh Merita Eka Putri digugurkan. Penyebabnya, guru atas nama Ni Luh Merita Eka Putri tidak pernah valid pada dapodik SMPN 4 Bebandem.

Setelah berkoordinasi ke pusat ketahuan ada nama guru yang juga bertugas di SMA Jagadhita Desa Bugbug. Setelah nama Ni Luh Merita Eka Putri dikeluarkan dari sistem, maka dapodik SMPN 4 Bebandem jadi valid. Hanya saja jelang testing PPPK, nama Ni Luh Merita Eka Putri ternyata muncul sebagai peserta. Ikut testing PPPK dan lulus. “Setelah masa sanggah, Ni Luh Merita Eka Putri digugurkan. Dia tidak mempermasalahkan karena telah mengetahui dirinya tidak masuk dapodik SMPN 4 Bebandem, tetapi masuk dapodik guru SMA Jagadhita Desa Bugbug,” jelas Gede Arya.

Arya menegaskan, yang menggugurkan kelulusan Ni Luh Merita Eka Putri adalah sistem. “Seorang guru tidak mungkin masuk dapodik di dua sekolah,” jelas mantan aktivis Forkopen (Forum Komunikasi Pendidikan) Karangasem ini. Sementara Merita Eka Putri belum bisa dikonfirmasi karena kesulitan mendapatkan nomor kontak guru mata pelajaran prakarya SMPN 4 Bebandem ini. *k16

Komentar