nusabali

Bupati Bangli Terima 171 Sertifikat Tanah

  • www.nusabali.com-bupati-bangli-terima-171-sertifikat-tanah

BANGLI, NusaBali
Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menerima 171 sertifikat tanah aset Pemkab Bangli dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Bangli.

Penyerahan sertifikat di pendopo Rumah Jabatan Bupati Bangli, Rabu (3/11). Penyerahan sertifikat dihadiri Ketua DPRD Bangli I Ketut Suastika, Sekda Bangli IB Gede Giri Putra, dan Kepala BKPAD Bangli I Ketut Riang.

Kepala BPN Bangli, Gusti Putu Darma Astika, mengaku menyerahkan 171 sertifikat aset Pemkab Bangli untuk ruas jalan kabupaten, tanah kantor, dan tanah daerah. Pemkab Bangli mengajukan 200 permohonan ke BPN Bangli. “Kami akan terus bersinergi dengan Pemkab Bangli. Sehingga seluruh aset Pemkab Bangli yang belum tersertifikasi segera diproses,” ungkap Gusti Astika. Dengan adanya sertifikat maka lahan milik daerah terdata dengan baik. “Prinsipnya sertifikat untuk memastikan hak yang bertanggung jawab atas aset tersebut,” jelas Darma Astika.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan, semua aset Pemkab Bangli harus disertifikatkan. Tujuannya, mengamankan aset milik daerah. Tahun ini lebih dari 200 pengajuan ke BPN. Sudah terbit sebanyak 171 sertifikat. Pemkab Bangli melalui Bagian Aset terus berproses karena masih banyak aset yang belum bersertifikat. “Saat ini masih ada 40 pengajuan yang sedang diproses. Target kami, bisa tuntas hingga akhir tahun,” ungkap Bupati Sedana Arta.

Bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut Bangli ini menyebutkan seiring perkembangan maka aset-aset daerah bertambah dan dibuatkan sertifikat. Bupati Sedana Arta mencontohkan bertambah ruas jalan kabupaten. Dengan sudah terbitnya sertifikat maka tidak ada keraguan dalam pemanfaatan aset tersebut. “Sertifikat sangat penting bagi Bangli. Dengan data yang jelas, kami tidak ada keraguan lagi ke depannya,” ujar politisi PDIP ini. Sementara Sekda IB Giri Putra menambahkan, aset-aset ini bagian dari kekayaan daerah. Jika ada investor masuk maka aset Pemkab bisa disewakan dan menjadi sumber pendapatan daerah. *esa

Komentar