nusabali

Jelang Galungan, Tabanan Siap Sebar 2.000 Paket Sembako Murah

  • www.nusabali.com-jelang-galungan-tabanan-siap-sebar-2000-paket-sembako-murah

TABANAN, NusaBali
Jelang Hari Raya Galungan dan Kuningan, Pemerintah Kabupaten Tabanan berencana menggelar pasar rakyat. Sebanyak 2.000 paket sembako murah siap disebar ke masyarakat lewat BUMDes.

Pasar murah akan di-handle langsung oleh Perusahaan Daerah Dharma Santhika (PDDS). Direktur Bisnis PDDS I Putu Anom Artadana, mengatakan persiapan untuk menggelar pasar rakyat sudah dilakukan mulai pekan lalu. Saat ini tim tengah road show ke sejumlah BUMDes yang siap diajak bekerjasama untuk menyelenggarakan pasar rakyat. “Sekarang sudah ada empat BUMDes yang siap ikut pasar rakyat ini,” ujarnya, Rabu (3/11).

Empat BUMDes yang siap tersebut adalah BUMDes Desa Abiantuwung di Kecamatan Kediri, BUMDes Desa Kukuh, di Kecamatan Marga, BUMDes Desa Perean di Kecamatan Baturiti, dan BUMDes Desa Serampingan di Kecamatan Selemadeg. “Untuk BUMDes di Kecamatan Pupuan dan kecamatan lain masih didata, saat ini baru ada empat yang siap,” imbuh Anom.

Dijelaskannya, mekanisme penyelenggaraan pesta rakyat yang melibatkan BUMDes sebagai salah satu cara untuk membantu mengedarkan 2.000 paket sembako murah. Banyaknya sembako yang didapat itu adalah hasil support perusahaan di Tabanan untuk membantu meringankan beban masyarakat jelang hari raya. “Maka dari itu sengaja dibuat paket, kalau satuan agak susah karena kalau bentuk paket sudah pasti isinya untuk keperluan hari raya,” tegas Anom.

Menurut Anom, paket sembako murah ini nantinya akan berbentuk kupon. Kupon tersebut dibeli oleh warga, kemudian ditukarkan dengan paket sembako yang isinya beras, telur, dan lain-lain. Harganya ini disubsidi oleh PDDS. “Misalnya harga normal paket Rp 65.000, kami subsidi, menjadi Rp 50.000. Artinya bisa dibeli seharga Rp 50.000 oleh masyarakat,” ucap Anom.

Dia berharap lewat pasar rakyat ini bisa meringankan beban masyarakat. Sesuai jadwal, pasar rakyat digelar Jumat (5/11), Sabtu (6/11), Minggu (7/11), dan Senin (8/11) mendatang. *des

Komentar