nusabali

Kontingen Peparnas Bali Mendarat di Bumi Cenderawasih

  • www.nusabali.com-kontingen-peparnas-bali-mendarat-di-bumi-cenderawasih

JAYAPURA, NusaBali.com - Kontingen Bali yang akan berlaga dalam ajang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Papua telah tiba dengan selamat di Bumi Cenderawasih, Jayapura, Papua pada Rabu (3/11/2021).

Berangkat dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, Selasa (2/11/2021) petang, kontingen berjumlah 63 orang harus transit terlebih dahulu menuju Jakarta dan Timika sebelum menjejakkan kaki di Bandara Sentani, Jayapura, Rabu (3/11/2021) siang.

“Kami berangkat Selasa (2/10/2021) malam menuju Jakarta terus ke Timika (Papua) baru akhirnya tiba di Sentani, Jayapura,” ujar Kabid Binpres NPCI (National Paralympic Committee Indonesia) Bali, I Made Gede Arta Mahardika, Rabu (3/11/2021).

Rombongan disambut dengan ramah tamah serta pemberian cenderamata noken dan topi kasuari di Istora Papua Bangkit di Kabupaten Jayapura.

Setibanya di Jayapura para atlet Peparnas Bali akan menjalani proses klasifikasi sesuai dengan kondisi masing-masing atlet. Untuk selanjutnya mengikuti upacara pembukaan Peparnas XVI Papua di Stadion Utama Papua Bangkit, Jumat (5/11/2021).

Keesokan harinya barulah para atlet Peparnas Bali dijadwalkan mulai bertanding. “Begitu tiba di Jayapura, atlet langsung menjalani klasifikasi sesuai kondisi mereka. Lalu pada Jumat  mengikuti upacara pembukaan Peparnas dan Sabtu  mulai pertandingan hingga Senin,” terang Arta Mahardika.

Kontingen Bali akan menerjunkan 38 atlet yang akan bertanding di enam cabang olahraga. Adapun 38 atlet disabilitas yang diterjunkan ke Peparnas XVI Papua, terbanyak dari cabang atletik yang mencapai 22 orang. Disusul kemudian cabang angkat berat dengan 6 atlet, cabang renang (5 atlet), judo (2), tenis meja (2), dan bulutangkis (1).

Bali  tidak mengikuti 6 cabang olahraga lainnya, yakni boccia, catur, menembak, panahan, sepakbola cp, dan tenis lapangan kursi roda.

Target kontingen Bali di Papua adalah membawa pulang 12 medali edas dan berhasil masuk 10 besar perolehan medali. Salah satu tumpuan medali emas Bali adalah atlet nasional Ni Nengah Widiasih yang baru saja mencatatkan sukses menyabet medali perak kelas 41 kg putri dalam pesta olahraga multievent tingkat dunia Paralimpiade 2020 di Tokyo, Jepang, 26 Agustus 2021.

Selain Nengah Widiasih, 11 atlet yang juga ditarget sabet emas buat kontingen Bali adalah I Dewa Gede Ari Wahyudi (atletik), Dewa Made Ari Sanjaya (atletik), Ni Luh Dewi Setiawati (atletik), Iwan Cahyadi (atletik), Putu Ari Astuti (atletik), Nyoman Oka (atletik), Gede Adi Mahardika (atletik), Ni Made Arianti Putri (atletik), I Gusti Nyoman Setiawan (angkat berat), Daniel Vinsensius Opat (angkat berat), dan Ayu Intan Melisa Maharani (renang). *adi

Komentar