nusabali

Indonesia Incar 300.000 Wisatawan India

  • www.nusabali.com-indonesia-incar-300000-wisatawan-india

Tahun depan, Indonesia mengincar kehadiran setidaknya 300.000 wisatawan manca negara asal India. 

Tidak Ada Penerbangan Langsung India–Bali, Jadi Kendala

Kepala Bidang Perjalanan Wisata Pengenalan Pasar Asia Pasifik Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata Taufik Nur Hidayat menyatakan bahwa India pasar wisata potensial Indonesia. 

“Ke depan kami akan garap lebih optimal melalui promosi-promosi wisata untuk menjaring lebih banyak wisman dari India ke Indonesia,” katanya, di Jakarta, Jumat (4/12), seperti dilansir Antara.

Apalagi kini sudah ada berbagai kemudahan termasuk fasilitas bebas visa kunjungan singkat yang diharapkan menjadi salah satu daya tarik mereka untuk berwisata ke Indonesia.

Namun ia mengaku belum ada penerbangan langsung dari Indonesia ke India dan sebaliknya menjadi salah satu faktor penghambat utama.

Konsul Jenderal Indonesia di Mumbai, India, Saut Siringoringo, secara terpisah  mengungkapkan penerbangan langsung dari Mumbai maupun New Delhi ke Denpasar, Bali diyakini akan mendongkrak angka kunjungan wisatawan India ke Indonesia.

Taufik Hidayat mengatakan, wisatawan India menjadi sasaran potensial untuk meningkatkan devisa negara karena sebagian besar berkarakteristik wisatawan kelas atas.
Pihaknya memandang India sebagai salah satu pasar wisatawan kelas atas karena umumnya memilih hotel dengan fasilitas bintang lima sehingga harus ada strategi khusus untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan dari negara yang terkenal dengan industri filmnya, Bollywood.

“Kita harus menyiapkan apa yang mereka butuhkan seperti paket wisata petualangan dan lingkungan yang banyak mereka harapkan, makanan India, dan suasana kehidupan malam yang nyaman,” kata Taufik, Kamis (3/12), seperti dilansir rmol.co.

Selanjutnya...

Komentar