nusabali

Dapat Hadiah Rumput Eks Stadion Dipta, Duta Buana FC Bersemangat Bina Sepakbola di Baturiti

  • www.nusabali.com-dapat-hadiah-rumput-eks-stadion-dipta-duta-buana-fc-bersemangat-bina-sepakbola-di-baturiti

TABANAN, NusaBali.com – Rezeki nomplok diterima krama Desa/Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan.

Karena Lapangan Umum di kawasan berudara sejuk ini mendapatkan rumput eks Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

Kualitas rumput eks Stadion Dipta ini masih bagus, namun harus diganti dengan rumput baru seiring dengan renovasi yang dilakukan sejak tahun lalu.

Bali United selaku klub yang ber-home base di Stadion Dipta membuat ‘sayembara’  bagi yang memenuhi syarat akan mendapatkan giveaway rumput berjenis manila grass standar AFC tersebut.

Dan pemenangnya adalah Duta Buana FC, sebuah klub sepakbola berbasis desa yang ada di Desa Baturiti. “Awalnya iseng mendaftar giveaway, tidak menyangka bisa dapat rumput dari Bali United FC. Rasanya senang sekali,” ujar Tude Sugiatmika, 40, Ketua Yayasan Duta Buana.

Dirinya pun menyatakan bahwa dengan adanya dukungan rumput secara gratis tersebut, merupakan momentum yang baik guna menumbuhkan kembali semangat sepakbola usia dini, khususnya anak-anak Desa Baturiti, maupun Kecamatan Baturiti.

“Duta Buana FC vakum sejak 1995, dan di tahun ini kami para pemuda Desa Baturiti menyatukan tekad dan semangat, untuk membangkitkan lagi semangat dan rasa cinta terhadap dunia sepakbola,” ungkapnya.

Pemasangan rumput tersebut pun dilakukan pada lapangan umum Baturiti, yang merupakan lapangan milik pemerintah daerah Kecamatan Baturiti, yang kini sedang dalam masa perbaikan, dan penataan ulang, seiring bangkitnya kembali Duta Buana FC di tengah masyarakat pencinta bola.

“Ini lapangan umum, biasa digunakan sebagai tempat upacara bendera oleh sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Baturiti. Namun saya sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat, untuk sistematika penggunaan lapangan. Agar kehadiran Duta Buana FC juga tidak mengganggu aktivitas yang sebelumnya sudah sering terlaksana di lapangan tersebut,” ujar Tude saat dihubungi Selasa (2/11/2021) sore.

Ditargetkan rampung dalam satu bulan mendatang, pemasangan rumput yang telah terlaksana selama tiga hari tersebut, melibatkan pemuda Desa Baturiti, dan berbagai stakeholder yang ada di dalamnya.  Seperti Polsek Baturiti, Koramil 07 Baturiti, dan aparat Desa Baturiti. “Khusus hari ini yang terlibat 20 orang, sebagian besar dari pemuda Desa Baturiti, dan sebagiannya relawan yang ikut membantu,” jelas Tude.

Ia pun mengatakan bahwa rumput tersebut akan dipasang di seluruh ruas lapangan sepakbola, yang memiliki luas 100 meter x 68 meter.

Lebih lanjut Tude pun mengatakan, bahwa keberadaan Duta Buana FC menjadi media pemersatu semangat pemuda Desa Baturiti, dan segala elemen masyarakat yang ada di dalamnya. Menyatukan visi misi dalam mengembangkan desa melalui olahraga sepakbola. “Ada 60 anggota klub yang berbakat di Duta Buana FC, dari berbagai kategori, mulai usia 8 tahun, 12 tahun, 14 tahun, 15 tahun, 17 tahun hingga paling dewasa 23 tahun,” paparnya.

Untuk mengasah talenta tersebut, Tude pun mengungkapkan Widodo C Putro, eks pelatih Bali United yang kini menukangi Persita Tangerang berperan dalam memandu teknis pelatihan dan manajemen klub. “Beliau adalah penasihat teknis Duta Buana FC,” ungkapnya.

Sementara itu, I Dewa Gede Ary Wirawan yang merupakan Ketua Umum KONI Kabupaten Tabanan, mengapresiasi semangat yang ditunjukkan oleh pemuda Desa Baturiti, dalam membangun serta menata lapangan umum Baturiti, sehingga dapat menjadi sarana atau fasilitas aktivitas masyarakat dengan lebih baik lagi. “Untuk ke depannya sebagai wujud dukungan saya terhadap keberadaan klub sepakbola seperti Duta Buana FC tersebut, yakni mengarahkan adanya acara-acara yang melibatkan klub-klub lokal yang ada di daerah, agar melaksanakan acaranya di lapangan umum Baturiti, sehingga nantinya dapat menggeliatkan perekonomian warga setempat juga,” ujar I Dewa Gede Ary Wirawan.

Di sisi lain Tude pun berharap agar semangat para pemuda Desa Baturiti, dan anggota Duta Buana FC dapat terjaga dengan baik, dalam membangun kembali langkah baru, generasi muda penerus desa yang bertalenta di dunia olahraga, khususnya di dunia sepakbola.

“Target kami di tahun depan agar dapat berpartisipasi di Liga 3 Bali. Mudah-mudahan dapat tercapai,” harapnya.

Ia pun menambahkan bahwa anggota Duta Buana FC akan terus diupayakan bertambah banyak, dengan mengadakan sosialisasi ke sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Baturiti, guna menyaring potensi-potensi serta bibit-bibit atlet sepak bola, yang akan diasah kembali di dalam Duta Buana FC.

“Sosialisasi sudah dari satu bulan yang lalu. Dan di akhir bulan November 2021 ini rencananya Duta Buana FC akan resmi berbentuk yayasan, masih dalam tahap mengurus administrasi,” tutupnya. *rma

Komentar