nusabali

7 Rumah di Banjar Cemara Landung Terendam Lumpur

  • www.nusabali.com-7-rumah-di-banjar-cemara-landung-terendam-lumpur

Satu rumah terendam lumpur hingga ketinggian dua meter.

BANGLI, NusaBali
Sebanyak tujuh rumah warga di Banjar Cemara Landung, Desa Trunyan, Kecamatan Kintamani, Bangli terendam lumpur, Selasa (2/11). Rumah teremdam lumpur di dua titik pemukiman yakni kawasan Subak Tanggun Titi dan Subak Abian. Hujan lebat yang mengguyur kawasan Kintamani juga menyebabkan akses jalan terendam lumpur. Lumpur tersebut merupakan sisa material longsor yang hanyut terbawa air hujan.

Kepala Dusun Cemara Landung, I Wayan Kastana, mengatakan ada dua rumah di Subak Abian terendam lumpur. Kondisi rumah masih tergolong aman. Sementara di Subak Tanggun Titi sebanyak 5 rumah terendam lumpur. Dari 5 rumah itu, satu rumah kemasukan lumpur hingga ketinggian dua meter. “Tembok panyengker rumah hampir roboh. Pemilik rumah langsung mengamankan diri saat kejadian,” ungkap Wayan Kastana. Warga yang rumahnya terendam lumpur buat sementara menumpang di rumah kerabat dan tetangga.

Hujan disertai terjangan lumpur telah dilaporkan ke BPBD Bangli. Petugas turun membawa alat berat untuk membersihkan lumpur yang menutup jalan. Warga juga bergotong royong membersihkan lumpur. Kapolres Bangli, AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan mengatakan hujan mengguyur wilayah Kintamani sejak Selasa siang sekitar pukul 11.00 Wita. Pasca hujan terjadi longsor di Banjar Cemara Landung. Material longsor bercampur air menggenangi jalan hingga rumah warga. “Alat berat sudah dioperasikan untuk membersihkan lumpur,” ungkap AKBP Dhana Aryawan. Sejumlah personel kepolisian siaga di lokasi kejadian. AKBP Dhana Aryawan mengimbau warga tetap waspada. *esa

Komentar