nusabali

31 Warga Terjaring Sidak Kartu Vaksin di Pengambengan

  • www.nusabali.com-31-warga-terjaring-sidak-kartu-vaksin-di-pengambengan

NEGARA, NusaBali
Jajaran Polres Jembrana bersama aparat TNI, Satpol PP, dan Desa Pengambengan menggelar sidak kartu vaksin di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana, Selasa (2/11) pagi.

Dalam sidak sekaligus layanan vaksinasi door to door (Lasido) Presisi Polres Jembrana itu, petugas menjaring 31 warga yang belum divaksinasi Covid-19.

Selain pemeriksaan di pintu masuk PPN Pengambengan, petugas gabungan yang dipimpin Kapolsek Negara AKP I Gusti Made Sudarma Putra, juga melakukan pemeriksaan di jalan umum desa setempat. Bagi masyarakat yang belum divaksin ataupun baru melaksanakan vaksinasi dosis pertama, diarahkan langsung mengikuti vaksinasi yang disediakan di Gedung Aula PPN Pengambengan.

Begitu juga ketika ada warga yang mengaku sudah vaksin namun tidak membawa kartu atau surat keterangan vaksin, juga diarahkan ke tempat pelayanan vaksin. Di sana warga yang mengaku lupa membawa kartu vaksin atau KTP, dicek identitasnya dengan alat screening iris mata yang disiapkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jembrana. Setelah diketahui identitasnya, barulah dilakukan pengecekan status vaksinasinya.

“Ini kita lakukan untuk mengecek vaksinasi warga dan mendekatkan layanan vaksinasi. Bagi masyarakat yang sudah vaksinasi tahap II atau sudah vaksin lengkap, dipersilakan melanjutkan perjalanan,” ujar AKP Sudarma Putra.

Sesuai hasil sidak tersebut, ditemukan 31 warga yang belum divaksin dan langsung dilayani vaksinasi melalui layanan door to door Presisi Polres Jembrana di PPN setempat. Dari 31 warga itu, 11 orang divaksin dosis pertama dan 21 orang divaksin dosis kedua. "Mekanisme dalam pelaksanaan vaksinasi melalui empat tahap. Pertama, dilakukan pendataan pasien. Tahap kedua screening kesehatan, kemudian penyuntikan vaksin, dan terakhir observasi selama 30 menit. Setelah itu, masyarakat diberikan surat keterangan (suket) telah divaksin Covid-19,” ucap AKP Sudarma Putra.

Berdasar data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Jembrana per Senin (1/11), dari 230.654 sasaran vaksinasi di Jembrana, ada 224.050 orang atau 97,14 persen yang sudah divaksin dosis pertama. Kemudian untuk vaksinasi dosis kedua sudah tercapai 175.058 orang atau 75,90 persen. Sementara untuk kumulatif kasus Covid-19, tercatat 6.091 kasus. Dari total 6.091 kasus itu, sebanyak 5.874 orang (96,44 persen) telah dinyatakan sembuh, 213 orang (3,50 persen) meninggal dunia, dan tersisa 4 orang yang masih dirawat. *ode

Komentar