nusabali

SBY Jalani Pengobatan Kanker Prostat di AS, Dokter Kepresidenan Mendampingi

  • www.nusabali.com-sby-jalani-pengobatan-kanker-prostat-di-as-dokter-kepresidenan-mendampingi

JAKARTA, NusaBali.com - Staf Pribadi Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ossy Dermawan menginformasikan SBY akan melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh (medical check up) dan pengobatan di luar negeri setelah didiagnosis mengidap kanker prostat oleh tim dokter.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima, Senin (2/11/2021), untuk menjawab pertanyaan seputar kesehatan SBY dari para wartawan dan anggota masyarakat, Ossy Dermawan menyatakan dari hasil pemeriksaan, baik melalui metode magnetic resonance imaging (MRI), biopsi, positron emission tomography (PET) specific membrane antigen (SMA) scan, maupun pemeriksaan yang lain, kanker prostat yang diderita oleh SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal.

Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan Tim Dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, Ossy mengatakan bahwa telah diputuskan medical treatment akan dijalani oleh SBY di sebuah rumah sakit luar negeri.

Rumah sakit tersebut memiliki riwayat penanganan kanker prostat yang terhitung panjang disertai dengan teknologi canggih.

Sebelumnya, anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan menyebut SBY akan menjalani pengobatan di Amerika Serikat. SBY berobat di Mayo Clinic Amerika Serikat.

"Cukup lama sih ya, karena memerlukan check up, kemudian perawatan. Kemudian check up lagi, kurang-lebih 1,5 bulan," kata Syarief Hasan.

Eks Seskab era SBY, Dipo Alam, mengkonfirmasi  SBY dan keluarga akan terbang hari ini untuk pengobatan kanker prostat. Dia memohon doa untuk kesembuhan SBY.

Sementara itu  Ossy menambahkan, komunikasi yang dilakukan di antara Tim Dokter Indonesia dan tim dokter negara sahabat tersebut berlangsung dengan baik. Pihak luar negeri bersedia menangani perawatan kesehatan SBY.

Setelah mempelajari semua data kesehatan Presiden Ke-6 RI itu, ketua tim dokter dari luar negeri dalam komunikasi via telemedicine dengan SBY menyampaikan optimismenya untuk dapat mengatasi penyakit yang diderita beliau.

Sesuai dengan etika dan tata krama yang dianut SBY, tambah Ossy, beliau telah melaporkan rencana berobat ke luar negeri itu kepada Presiden Joko Widodo melalui panggilan suara. Presiden Jokowi memberikan respons yang baik. Beliau menyampaikan satu-dua anggota Tim Dokter Kepresidenan akan mendampingi dalam pengobatan tersebut.

“Perlu kami sampaikan pula bahwa selama ini Bapak SBY tetap menjalankan kegiatan sehari-hari, seperti menunggui Klub Bola Voli Lavani berlatih, melukis, membaca, menulis, berolahraga, dan kegiatan-kegiatan lain,” jelas Ossy.

Sebagai staf pribadi SBY, ia pun menyampaikan permohonan doa dari Susilo Bambang Yudhoyono kepada masyarakat Indonesia, khususnya para sahabatnya agar pengobatan medis yang dilakukan dapat berjalan dengan baik. *ant


Komentar