nusabali

PMI Lintas Kabupaten Pasang Pipa di Desa Ban

  • www.nusabali.com-pmi-lintas-kabupaten-pasang-pipa-di-desa-ban

AMLAPURA, NusaBali
Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) dari enam kabupaten di Bali bersinergi melakukan pemasangan pipa sepanjang 2,5 kilometer di Banjar Manikaji, Desa Ban, Kecamatan Kubu, Karangasem, Senin (1/11).

Pipa 3 dim ini bantuan dari Yayasan Angel Heart Bali untuk korban gempa. Pipa dibentangkan, tidak ditanam, hanya diikat pada batang pohon pinggir jalan karena ringan dan lentur. Harapannya lebih memudahkan mendistribusikan air buat korban gempa.

Sebanyak 66 relawan yang dilibatkan dalam pemasangan pipa itu. Masing-masing kabupaten ada koordinatornya. PMI Klungkung dikoordinasikan Dode, PMI Badung dikoordinasikan AA Ngurah Nopi Arta, PMI Buleleng dikoordinasikan Nyoman Budi Adnyana, PMI Bangli dikoordinasikan Kadek Ardip, PMI Gianyar dikoordinasikan Hendra Bendesa, dan PMI Karangasem dikoordinasikan I Wayan Aryawan. Yayasan bantu pipa untuk memudahkan distribusikan air. Selama ini salurkan bantuan air dengan mobil tangka. Namun belum maksimal karena cubang-cubang milik warga di Desa Ban rusak berat, tidak lagi bisa digunakan menyimpan air.

Koordinator PMI Karangasem I Wayan Aryawan berkoordinasi dengan PMI lintas kabupaten untuk memudahkan distribusikan air. Membentangkan pipa memerlukan banyak tenaga karena jalur yang dilintasi medannya berat, jalan tanjakan, gersang, dan berliku. “Selama ini PMI mendistribusikan bantuan air dengan membawa mobil tangki, sangat terbatas mampu menjangkau masyarakat. Sebab tidak semua pemukiman bisa dijangkau kendaraan,” ungkap Wayan Aryawan. Mobil tangki kapasitas 5.000 liter ukurannya cukup besar sehingga sulit melaju di jalan sempit dengan lebar 2,5 meter. Diperparah dengan banyaknya jalan jebol diguncang gempa berkekuatan 4,8 skala richer, Sabtu (16/10).

PMI tak hanya membantu bentangkan pipa, juga mendirikan tenda untuk rumah tinggal sementara, membangun MCK, antar jemput pasien, dan mengantar siswa ke sekolah. Perbekel Desa Ban I Gede Tamu Sugiantara mengapresiasi bantuan dari relawan PMI untuk masyarakat Desa Ban. “Selain memberikan bantuan tenaga, juga mendistribusikan air, menyalurkan bantuan sembako, kami merasa terbantu adanya PMI lintas kabupaten,” ungkap Tamu Sugiantara. Di lapangan, PMI bersinergi dengan BPBD Karangasem, Polsek Kubu, Koramil Kubu, Polres Karangasem, Kodim Karangasem, Tagana (Taruna Siaga Bencana), dan masyarakat. *k16

Komentar