nusabali

Jelang Galungan, Pemkab Gianyar Buka Peken Pegawai

  • www.nusabali.com-jelang-galungan-pemkab-gianyar-buka-peken-pegawai

GIANYAR, NusaBali
Umat Hindu di Bali khususnya akan merayakan Hari Raya Galungan, Buda Kliwon Dungulan, Rabu (10/11) dan Kuningan, Saniscara Kliwon Kuningan, Sabtu (20/11).

Guna menyongsong hari raya tersebut, Pemkab Gianyar akan menggelar peken pegawai atau pasar yang melayani kebutuhan Galungan bagi para pegawai setempat, Jumat (5/11).

Lokasi pasar yang berupa warung tenda dan diklaim berharga lebih murah ini, digelar di halaman parkir Kantor Bupati Gianyar. Pasar ini hampir rutin digelar Pemkab setempat. Tak banyak masyarakat umum tahu dengan keberadaan pasar ini. Apalagi digelar hanya beberapa saat, komoditas yang dijual keburu habis dibeli para pegawai.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Gianyar Ir I Made Raka menampik pasar itu disebut peken pegawai. Pejabat asal Banjar Angkling, Desa Bakbakan, Kecamatan Gianyar ini mengatakan pasar murah ini lebih pas disebut pasar tani, akan digelar Jumat (5/11). Disebut pasar tani karan akan memasarkan hasil pertanian hortikultura di Gianyar.

"Pasar ini khusus menjual hasil pertanian dari petani Gianyar, khususnya buah-buahan dan komoditi lain untuk pemenuhan kebutuhan Hari Raya Galungan," jelasnya, Senin (1/11).

Raka menjelaskan, masyarakat umum tetap bisa berbelanja. Namun dia menyebut pembeli utama yakni para pegawai di lingkungan Pemkab Gianyar agar dapat belanja lebih murah dan beli langsung dengan petaninya. ‘’Kalau kebetulan masyarakat umum tahu dan berkeinginan belanja, silahkan datang dan berbelanja," jelasnya.

Pemilihan tempat di halaman Kantor Bupati, Raka beralasan, untuk menghindari kerumunan di tengah pandemi. Alasan terkesan mengada-ada karena pasar ini sejak awal digelar di lingkungan kantor pemerintah setempat.

Raka menyebut, sebelum pasar ini digelar, rapat persiapan telah dimatangkan, dipimpin Sekda Gianyar  Made Gede Wisnu Wijaya. "Intinya, Pasar Tani tetap digelar jelang Galungan, ini khusus untuk menjual hasil pertanian langsung ke konsumen," jelas dia.

Raka menambahkan petani yang akan menjual hasil panennya di pasar ini yakni anggota Asosiasi Petani Holtikuktura Gianyar. "Kami siapkan lahan di areal parkir Kantor Bupati. Nanti asosiasi ini yang akan membagi tempat berjualan," tambahnya. Pasar ini juga akan menjual produk UMKM di bawah koordinasi Disperindag UKM Gianyar. Produk UKM yang dipasarkan seperti dupa, kain dan kebutuhan lain menjelang Galungan. *nvi

Komentar